Tulehu Putra Mulai Tatap Piala Soeratin Zona Nasional – Ambon Ekspres
Olahraga

Tulehu Putra Mulai Tatap Piala Soeratin Zona Nasional

Soplanit : Tim Juara Akan Terbang ke Inggris

AMEKS ONLINE–Tim sepakbola Tulehu Putra U-17 ingin menjadi yang terbaik di ajang Piala Soeratin zona nasional yang akan diputar di Yogjakarta 8-22 Oktober mendatang. Karena itu, untuk menjadi yang terbaik minimal harus bisa melewati hadangan lawan di fase grup nanti.

Tim binaan Rifai ‘chang’ Tim binaan Rifai ‘chang’  Lestaluhu ini benar- benar sedang haus juara. Setelah berhasil menjadi kampiun di ajang Soeratin Cup U-17 wilayah Maluku, beberapa bulan lalu, mereka ingin mengulang kesuksesan itu di zona nasional meski lawan yang dihadapi cukup berat.Menurut Rifai, Rifaldo dan kawan-kawan tetap menggelar latihan untuk menghadapi tim sepakbola dari masing-masing provinsi di Tanah Air yang lolos putaran nasional Piala Soeratin 2017.’’ Jadwal putaran Piala Soeratin akan berlangsung 8 Oktober mendatang.

Olehnya itu, kami tetap melakukan latihan rutin  setiap pekan tiga kali,’’ ungkap Rifai saat berbincang-bincang dengan Ambon Ekspres di Lapangan Matawaru Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah, kemarin pagi.Menurut mantan pemain Persisam Samarinda (sekarang Borneo Fc) ini, latihan tetap digelar demi menjaga kondisi fisik pemain serta mempersiapkan diri menghadapi putaran berikutnya.

’’ Menghadapi putaran nasional, kami telah melakukan beberapa pembenahan berdasarkan hasil evaluasi dan catatan pertandingan selama ini,’’ jelasnya.Para pemain, kata Rifai, sejauh ini sudah menunjukkan kemampuan optimal dan sudah dapat bermain sesuai instruksi pelatih.’’ Tetapi itu masih akan dievaluasi kembali. Kedepan, pertandingan akan semakin berat. Karena menghadapi juara dari provinsi lain,’’ ucapnya.Lebih jauh dikatakan, tim yang bakal berlaga pada putaran nasional, diperkirakan ada 32 tim yang merupakan tim juara di setiap zona.’’ Nah, untuk mencapai yang terbaik, kami minta seluruh pemain bisa mempersiapkan diri secara maksimal,’’ pintanya.

Apalagi, imbuh dia,  beberapa provinsi di Pulau Jawa terkenal dengan pembinaan sepakbolanya yang cukup bagus, sehingga perebutan juara tidaklah mudah mengingat calon lawan mempunyai kualitas di atas rata-rata.’’ Tim-tim kuat di Pulau Jawa yang pembinaan sepakbolanya cukup bagus, di antaranya dari Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur. Meski begitu, kami tetap percaya pada kemampuan anak asuhnya. Semoga tim ini bisa melangkah lebih jauh (masuk final),’’ tutup Rifai.Dibagian lain, Dirk Soplanit, Anggota Exco PSSI menuturkan, salah satu klub Liga Inggris, Aston Villa akan memberikan fasilitas kepada tim juara Piala Soeratin U-15 dan U-17.’’ Pihaknya sudah menerima e-mail dari klub asal Birmingham itu.

Jadi, untuk Piala Soeratin kami bekerjasama dengan Pertamina. Mereka membantu di area U-15 dan U-17,’’ ungkapnya.Selain itu, kata Soplanit yang juga Ketum Asprov PSSI Maluku ini,  PSSI juga bekerja sama dengan Aston Villa.’’ Jadi, juara dari Piala Soeratin akan dikirim ke Birmingham untuk berlatih bersama dengan tim Aston Villa, sekitar dua pekan,’’ sambung dia.Menariknya, lanjut pendiri klub Maluku Putra itu,  tim juara tak hanya sekadar berlatih tapi juga bakal dapat sesi latihan langsung dari John Terry, kapten The Villans.’’ Ya, mereka akan mendapat ilmu sepakbola secara langsung dari John terry dan Steve Bruce (pelatih Aston Villa). Semoga proses ini berjalan sesuai dengan skenario,’’ demikian Soplanit.(ZAL)

Most Popular

To Top