MP Golkar Didesak Percepat Keputusan – Ambon Ekspres
Politik

MP Golkar Didesak Percepat Keputusan

AMEKS ONLINE, AMBON.–Mahkamah Partai (MP) DPP Partai Golkar, hingga kini belum memutuskan gugatan gugatan Max Pattiapon terhadap Elly Toisuta, terkait posisi pimpinan DPRD Ambon. Alhasil, kursi pimpinan milik Fraksi Golkar masih dibiarkan kosong. Ketua DPRD Ambon mendesak MP Golkar segera memutuskan hasil gugatan tersebut.

Setahun lebih, kursi pimpinan DPRD Kota Ambon kosong, pasca meninggalnya Hi Husen Toisuta. Polemik pun terjadi dalam internal Fraksi Golkar. Ketua Fraksi Golkar Max Pattiapon menggugat Bendahara Fraksi Golkar Elly Toisuta yang ditunjuk Ketua Umum DPP Golkar Setia Novanto dan Sekjen DPP Golkar Idrus Marham, lewat SK Nomor 906 sebagai pimpinan DPRD Pergantian Antar Waktu (PAW).
Pattiapon resmi menggugat Elly Toisuta ke Mahkamah Partai DPP Golkar, sehari sebelum dilantik sebagai pimpinan DPRD tanggal 3 Mei 2017. Keduanya berproses di pusat untuk mendengarkan apoakah gugatan dikabulkan atau ditolak oleh mahakamh partai dengan jangka waktu 3 bulan.

Namun sampai September 2017, belum ada keputusan soal gugatan tersebut. DPRD akhirnya mulai angkat bicara dan berharap, MP Golkar bisa mempercepat proses gugatan tersebut dan memutuskan siapa yang layak untuk posisi wakil ketua DPRD Ambon.

“Sebenarnya keterlambatan proses penetapan itu, tidak ada pengaruhnya dengan DPRD Kota Ambon. Dengan dua pimpinan yang ada juga masih bisa menghandel segala proses dan dinamika yang berjalan di DPRD. Tetapi memang keadaan ini kan sudah cukup lama, sehingga kalau perlu itu harus diproses cepat oleh Partai Golkar,” tandas Ketua DPRD Ambon James Maatita kepada Ambon Ekspres, Jumat (22/9).

Diakuinya, belum ada informasi yang disampaikan kepada DPRD Ambon soal kepastian posisi kursi tersebut. Bahkan belum mengetahui secara pasti kapan gugatan akan diputuskan MP Golkar. “Kami belum mengetahui sama sekali, siapa yang akan menduduki kursi yang ditinggalkan oleh almarhum Husen Toisuta. Belum ada informasi dari MP Golkar maupun DPD II Golkar Kota Ambon. Tetapi, saya berharap agar proses ini dipercepat sehingga kekosongan kursi pimpinan bisa segera terisi,” harapnya.

Tempat yang sama, Elly Toisuta mengaku, dirinya belum mengetahui soal perkembangan keputusan gugatan di mahkamah partai. Namun menurutnya, pecan depan, baru akan ada koordinasi dari mahkamah partai soal agenda tersebut. “Sampai saat ini saya dan pak Max Pattiapon belum menerima konfirmasi terkait proses yang berjalan di mahkamah partai. Karena sidang di makamah partai itu setiap hari Kamis saja. Mungkin Kamis minggu depan baru kita dapat informasi soal kelanjutan sidang tersebut. Karena tinggal menunggu putusan,” terangnya.

Disinggung soal siapa yang paling berpeluang untuk posisi tersebut sesuai hasil sidang, Toisuta enggan berkomentar banyak. Namun dirinya menilai, siapapun yang diputuskan untuk posisi wakil ketua DPRD maka setiap kader Golkar akan taat dan menghormati keputusan itu. “Siapapun yang akan terpilih diantara kita berdua nantinya, itu merupakan keputusan terbaik yang diambil Mahkamah Partai Golkar. Dan sebagai kader saya akan hargai semua keputusan itu,” kuncinya. (ISL)

Most Popular

To Top