KIP sebagai dana bantuan bagi siswa kurang mampu – Ambon Ekspres
Pendidikan

KIP sebagai dana bantuan bagi siswa kurang mampu

AMEKS ONLINE, AMBON.–Anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sesuai dengan aturan pemerintah terkait dengan dana BOS sedikit berbeda tahun ini dengan tahun lalu.

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kota Ambon, Tobias Lokollo, mengatakan, Dana BOS tidak lagi diggunakan untuk membiayai siswa miskin, kalau dana BOS tahun lalu bisa membiayai siswa miskin itu disebut dengan uang transport bagi siswa miskin.

“Sesuai Surat Edaran (SE) Mendagri no 910/106/SD dan Permendikbud tentang Juknis BOS no 8/2017, pembelanjaan dana BOS tinggal 11 item saja sedangkan tahun lalu ada 12 item,” ucapnya kepada Ambon Ekspres saat ditemui diruang kerja beberapa waktu lalu.

Dikatakan, Item pembelanjaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2017 sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun lalu. Ada item yang hilang, yaitu bantuan kepada siswa kurang mampu (miskin).

“Untuk itu, pemerintah sudah tidak bisa mendanai siswa kurang mampu, karena aturannya sekarang, ada 11 aturan. Dan dana BOS yang diperuntukkan bagi siswa SD yang kurang mampu itu per siswa setiap tahun sekitar 800 ribu, untuk siwa SMP per siswa tiap tahunnya berjumlah 1 Juta. Digantikan dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebagai gantinya ,” ujarnya. (M6)

Click to comment

Most Popular

To Top