PT. Bank Maluku Malut Menerima Penghargaan Dalam Ajang Indonesia Banking Award (IBA) 2017 – Ambon Ekspres
Ekonomi

PT. Bank Maluku Malut Menerima Penghargaan Dalam Ajang Indonesia Banking Award (IBA) 2017

AMEKS ONLINE, AMBON.–PT Bank Maluku Malut mampu menjaga performa kinerja terbaiknya di tengah trend perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional, sehingga pada ajang Indonesia Banking Awards (IBA) 2017 yang dihelat oleh Tempo Media Group dan Indonesia Banking School,
di Hotel JS. Luwansa, Rabu, 13 Agustus 2017, PT. Bank Maluku Malut berhasil menerima penghargaan sebagai The Most Reliable Bank atau sebagai Bank yang berkinerja baik, berprestasi, bertahan dan konsisten.

Pada ajang Indonesia Banking Award (IBA) Tahun 2016, PT. Bank Maluku Malut juga mendapatkan Penghargaan sebagai The Best Bank In Retail Banking Services Kategori BPD Aset Di Bawah 10 Triliun.

Penghargaan bagi dunia perbankan ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif yang terus disempurnakan oleh tim juri. Sebagai pertimbangan, tim juri menggunakan data dari situs Otoritas Jasa Keuangan, situs bank, dan Laporan Tahunan 2015 dan 2016.

“Bagi saya penghargaan ini merupakan sesuatu yang sangat positif untuk memacu semangat agar tetap berkinerja baik. Sesuai penilaian dewan juri yang mengacu pada Laporan Keuangan 2 (dua) Tahun Buku yaitu Tahun 2015 dan Tahun 2016 dimana kinerja kami baik, konsisten, dan tetap berprestasi, meski menghadapi pertumbuhan ekonomi nasional yang melambat,” ujar Aleta da Costa, Direktur Pemasaran PT. Bank Maluku Malut, usai menerima penghargaan.

Secara umum kinerja keuangan PT. Bank Maluku Malut pada 2 (dua) tahun terakhir terbilang membanggakan, hal ini terbukti atas keberhasilan PT. Bank Maluku Malut dapat memperoleh Predikat “Sangat Bagus” berdasarkan rating infobank untuk kinerja Desember 2015 dan Desember 2016. Untuk kategori “Modal Inti Dibawah Rp. 1 Triliun (Buku I) Aset Rp. 5 Triliun Ke Atas.

Kerja keras tersebut tidak terlepas dari pengelolaan manajemen yang solid, hal ini terbukti dimana sepanjang Tahun 2016 PT. Bank Maluku Malut mampu membukukan Laba Bersih sebesar Rp. 140 miliar. Prestasi ini, menurut Aleta da Costa, dapat dijaga secara konsisten sehingga sampai dengan Semester I Tahun 2017, dimana perseroan mampu mencatat Laba Bersih sebesar Rp 85 miliar atau bertumbuh 47% dari posisi Juni 2016 ( year on year) dan telah memenuhi target sesuai yg ditetapkan dalam Rencana Bisnis Bank untuk Tahun 2017.

Sementara portofolio kredit mencapai Rp. 3,67 Triliun atau tumbuh sebesar 9,5% dibandingkan tahun lalu. Hingga Desember nanti, perseroan menargetkan penyaluran kredit minimal sebesar Rp. 3,7 triliun yaitu tumbuh minimal 10% dari Tahun 2016. Strateginya, sesuai dengan arahan pemerintah dan OJK maka pihaknya akan memprioritaskan kredit ke sektor produktif, yang didalamnya terdapat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Fokus kredit produktif selama ini lebih banyak mengarah kepada infrastruktur, pertanian, perikanan, dan juga perdagangan maupun sektor ekonomi lainnya. Adapun komposisi penyaluran kredit ke sektor UMKM hingga sekarang masih dalam kisaran 20% dan diupayakan untuk terus meningkat hingga Desember 2017.

“Meski kondisi perekonomian masih cenderung melambat, tetapi kami masih akan ekspansi kredit ke masyarakat maupun pelaku usaha dengan melaksanakan sistem pengelolaan bank yang sehat dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian agar kualitas pembiayaan tetap terjaga dengan baik. Hal ini terbukti dengan NPL (Non Performing Loan/kredit bermasalah) kami masih dibawah rata-rata industri, yakni sebesar 0,65% net dan 1,90 gross” ungkap Direktur Pemasaran PT. Bank Maluku Malut ini.

Strategi lain, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap nasabah. Selain lebih aktif melakukan pendekatan kepada masyarakat guna meningkatkan rasa memiliki terhadap PT. Bank Maluku Malut. Juga melakukan penyempurnaan layanan financial technology (fintech) dan terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia. Ini dilakukan guna memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat. “Kita berupaya agar terus memperluas jaringan kantor ke seluruh wilayah yang tersebar di 2 (dua) Provinsi yakni Maluku dan Maluku Utara serta 21 (dua puluh satu) Kabupaten/Kota, sehingga layanan Bank Maluku Malut bagi masyarakat dapat maksimal,” ungkapnya. (Humas dan Kesekretariatan PT. Bank Maluku Malut)

Click to comment

Most Popular

To Top