Menhut Terima Surat Pencabutan Izin HPH Yamdena – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Menhut Terima Surat Pencabutan Izin HPH Yamdena

Bupati MTB Petrus Fatlolon menyerahkan surat pencabutan izin HPH di Pulau Yamdena kepada Kementerian Kehuatan dan Lingkungan Hidup RI di Jakarta, Selasa (26/9).

AMEKS ONLINE, MTB.- Pekan lalu secara resmi Bupati MTB Petrus Fatlolon menerbitkan surat keputusan penghentian sementara operasional Hak Penguasaan Hutan (HPH) milik PT. Jaya Karya Berdikari. Surat pencabutan ini akhirnya diserahkan kepada Kementerian Kehutanan, Selasa 26 September 2017.

Kehadiran Bupati MTB di Kementerian Kehutanan itu untuk memenuhi janjinya kepada warga MTB bahwa dirinya akan menyerahkan surat pencabutan izin HPH di Pulau Yamdena. “Saya baru saja menyerahkan secara resmi surat tersebut dan diterima langsung oleh Dirjen Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup IB Putera Parthama.
Menterinya(Menhut) mendadak harus dampingi pak Presiden. Jadi beliau mengutus pak Dirjen untuk menerima kami, ” tandasnya usai pertemuan bersama dirjen, kepada wartawan via telepon selularnya. Selasa (26/9).

Kehadiran pihaknya, kata Bupati sangat direspon Kemenhut dan turut mendukung rencana menutup HPH di Yamdena. Tentunya ini didasari pada penjelasan tentang kondisi riil Pulau Yamdena. Sudah sangat tepat tindakan yang dilakukan pemerintah daerah dengan menghentikan sementara HPH.

“Pak dirjen berjanji untuk menyampaikan surat tersebut kepada Menteri, ” akuinya.

Dia menegaskan, apa yabg dilakukannya sebagai komitmen dalam memperjuangkan aspirasi rakyat di “Bumi Duan Lolat” Tanimbar.
Bupati berjanji akan terus mengawal pasca penyerahan surat tersebut hingga diperoleh satu keputusan tetap mengenai penghentian secara tetap HPH Yamdena.
“Kita tetap kawal ini, hingga akhirnya Menhut mencabut izn HPH Yamdena, ” tandasnya.

Kendati telah menyerahkan surat pencabutan HPH, Bupati meminta dukungan seluruh masyarakat dan stakeholders terkait mengawal perjuangan aspirasi rakyat tersebut.

“Saya minta dukungan segenap masyarakat Tanimbar di MTB, Ambon, Jakarta, dan dimana saja berada agar berikan dukungan moril dan dukungan doa atas perjuangan ini,”ajaknya.
(SAT)

Click to comment

Most Popular

To Top