PAW Ketua KPU Maluku Tunggu Putusan Pusat – Ambon Ekspres
Politik

PAW Ketua KPU Maluku Tunggu Putusan Pusat

AMEKS ONLINE, AMBON.—Usulan Pergantian Antara Waktu (PAW) Ketua KPU Maluku, almarhum Musa Latua Toekan yang meninggal belum lama ini telah disampaikan ke KPU pusat. Kini, tinggal menunggu putusan KPU pusat. “Persoalan pergantian ketua KPU kewenangannya ada di KPU pusat. Bukan kami di daerah. Kita juga sudah sampaikan usulan itu ke mereka.

Jadi kita tinggal menunggu saja, kapan waktunya,” ujar Plt KPU Maluku, Irene Ponto kepada Ambon Ekspres, Jumat (29/9).

Dia mengatakan, semua data daftar tunggu berada di KPU pusat. Pihaknya di Maluku tinggal menunggu putusan selanjutnya. Sesuai aturan, kata dia, yang berhak menggantikan Musa adalah calon anggota KPU yang berada di nomor urut enam daftar tunggu.

Pihaknya mengharapkan agar proses PAW bisa dipercepat, karena KPU Maluku diperhadapkan dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tenggara, serta Walikota dan Wakil Walikota Tual tahun 2018 mendatang. Keberadaan ketua KPU definitif sangat diperlukan. “Ya harapan kita seperti itu, proses PAW bisa dilakukan secepatnya. Karena kita tidak lama lagi akan memulai tahapan pilkada 2018. Sangat dibutuhkan ketua yang devenitif. Sebab, untuk data peserta tunggu semuanya ada di KPU RI. Tinggal bagaimana mereka putuskan saja,” katanya.

Anggota komisi A DPRD Maluku, Amir Rumra mengatakan, proses PAW ketua KPU Maluku harus menjadi perhatian bersama. Karena tidak selamanya lembaga penyelenggara pemilihan itu hanya dengan status Plt.

Dia berharap, usulan dari KPU Provinsi ke KPU pusat perlu dipercepat. “Untuk itu, KPU Maluku juga harus melakukan komunikasi dengan KPU Pusat untuk dipercepat. Jangan dibiarkan begini terus. Karena, jabatan Plt itu hanya sementara saja. Ini yang harus diperhatikan,” bebernya. (WHB)

Click to comment

Most Popular

To Top