PDIP tak Terpengaruh Sikap Nasdem – Ambon Ekspres
Politik

PDIP tak Terpengaruh Sikap Nasdem

Rekomendasi PKS Masih Menggantung

AMEKS ONLINE, AMBON.—Rencana PDI Perjuangan mengeluarkan rekomendasi lebih awal, tidak berjalan mulus. Partai Nasdem, justru memastikan rekomendasi sebelum partai lain. Namun, PDIP tidak terpengaruh sikap Nasdem dalam hal penentuan rekomendasi.

Sekretaris DPD Partai PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Lucky Wattimury menilai, partai lain yang telah menetapkan rekomendasi merupakan hal biasa. Dan itu tidak berpengaruh terhadap sikap PDIP. “PDIP partai besar dengan segudang pengalaman politik, sehingga tahu apa yang harus dilakukan dengan suatu keputusan politik. Karena itu, jika partai lain sudah berikan rekomendasi untuk pasangan calon tertentu, bagi PDI itu hal biasa,” kata Wattimury via SMS kepada Ambon Ekspres, Jumat (29/9) ketika dimintain tanggapan soal Nasdem yang telah mengeluarkan rekomendasi sementara kepada Murad Ismail.

Disinggung rekomendasi PDIP, politisi senior itu mengaku, hingga saat ini belum ada sinyal kuat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Tetapi DPD berharap, rekomendasi secepatnya dikeluarkan. “Jadi, kita tunggu saja. Sebab, semua tahapan di daerah sudah selesai, tinggal rekomendasi DPP. Kapan keluar rekomendasi, itu mutlak hak DPP,” jelas anggota DPRD Maluku itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nasdem secara resmi telah menyerahkan rekomendasi kepada bakal calon Gubernur Maluku, Murad Ismail. Meksi masih sebatas rekomendasi sementara, namun Nasdem memastikan keputusan itu sulit berubah, dan masih menunggu kepastian bakal calon wakil gubernur pendamping Murad untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK).

PKS BELUM FINAL
Sementara itu, hingga kemarin, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum memutuskan kemana arah rekomendasi partai kepada bakal calon untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Maluku 2018. Hal ini lantaran masih menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Tinggi Partai (DPTP) DPP PKS. “Semua keputusan tersebut ada pada DPTP.

Karena DPTD PKS ini ada tiga bidang, yakni Dewan Syariat Pusat, Pimpinan Pusat dan Majelis Pertimbangan. Dan sampai saat ini DPP PKS masih menunggu keputusan dari mereka untuk menetapkan rekomendasi partai,” tandas Wakil Ketua DPW PKS Maluku Suhfi Madjid, ketika dikonfirmasi Ambon Ekspres, Jumat ( 29/9).

Diakuinya, ada tiga kandidat yang telah usulkan oleh DPW PKS Maluku, yakni Irjen Pol Murad Ismail, Said Assagaff dan Tagop Sudarsono Soulissa. Sehingga opini publik yang beredar soal rekomendasi PKS telah final kepada salah satu bakal calon tersebut adalah tidak benar. “Kabar beredar soal rekomendasi kepada salah satu bakal calon, itu tidak benar. Ini kan belum ada putusan apa-apa. Jadi isu-isu yang berkembang di luar sana merupakan dinamika politik yang sedang dimainkan oleh para figur. Namun untuk rekomendasi, belum ada satupun gambaran tentang siapa yang akan direkomendasikan PKS,” terangnya.

Menurutnya, isu-isu tersebut sengaja dimainkan karena ada sejumlah kader DPW PKS yang telah memberikan dukungan terhadap bakal calon yang telah diusulkan ke DPP. Dan hal tersebut bagi mantan anggota DPRD Maluku ini, dianggap sebagai sebuah kewajaran. “Opini tersebut sengaja dimainkan, pasti karena didalam pengurus DPW PKS ada yang memberikan dukungan kepada bakal calon. Dan mereka sengaja memainkan isu-isu tersebut agar bisa viral di media sosial dan sebagainya. Dan dukungan tersebut tidak bisa dipungkiri,” jawab Sufhi.

Shufi menegaskan, sampai saat ini belum ada keputusan tentang arah rekomendasi. Namun dirinya berharap, DPP PKS bisa secepatnnya memutuskan rekomendasi kepada salah satu bakal calon dari tiga nama yang telah diusulkan sebelumnya. “DPW PKS juga menginginkan agar PKS bisa segera menetapkan arah rekomendasi.

Karena banyak hal yang akan dibahas untuk menentukan siapa yang akan diusung nantinya. Sehingga tidak memakan waktu. Akan tetapi, sesuai prosedur, harusnya Oktober 2017 ini sudah ditetapkan. Maka DPW PKS berharap bisa secepatnya diselesaikan,” pintanya.(TAB/ISL)

Click to comment

Most Popular

To Top