Gugatan Dikabulkan, Pattiapon Pimpin DPRD – Ambon Ekspres
Hukum

Gugatan Dikabulkan, Pattiapon Pimpin DPRD

AMEKS ONLINE, AMBON.– Kekosongan kursi Wakil Ketua DPRD Kota Ambon selama 2 tahun, akhirnya terisi. Gugatan Ketua Fraksi Golkar Kota Ambon Max Pattiapon, yang berkeberatan terhadap usulan pelantikan Bendahara Fraksi Golkar Elly Toisuta sebagai pimpinan DPRD, akhirnya dikabulkan Mahkamah Partai DPP Golkar (MPG).

Kini DPRD Ambon hanya menunggu usulan DPD dan DPP Golkar untuk proses pelantikan. Selasa 3 Oktober 2017 kemarin, MPG resmi mengabulkan gugatan Max Pattiapon yang sebelumnya berkeberatan atas penunjukan Elly Toisuta sebagai Wakil Ketua DPRD Ambon menggantikan almarhum Hi Husen Toisuta lewat proses Pergantian Antar Waktu (PAW).

Elly Toisuta ditunjuk berdasarkan SK DPP Golkar Nomor 906 tahun 2016, yang ditandatangani Ketua Umum Setya Novanto dan Sekjen Idrus Marham. Elly digugat ke mahkamah partai, sehari sebelum dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Ambon tanggal 2 Mei 2017. Gugatan berlanjut dan diperkirakan berlangsung selama lebih dari 3 bulan.

Ketua Departemen Bidang Organisasi DPP Golkar, Derek Loupatty mengatakan, dirinya ditugaskan untuk mewakili DPP Golkar untuk hadiri persidangan tersebut. Dan gugatan Max Pattiapon telah dikabulkan. “MPG pada Selasa 3 Oktober kemarin, telah memutuskan perkara perselisihan internal PG dengan Nomor Perkara 29/PI-GOLKAR/IV/2017. Pada intinya mengabulkan gugatan Pattiapon selaku pemohon atau penggugat,” terang Loupatty, ketika di konfirmasi Ambon Ekspres, Rabu (4/10).

Diakuinya, gugatan yang dikabulkan tersebut terkait permohonan pembatalan SK DPP PG Nomor B- 906/GOLKAR/XII/2016 tanggal 7 Desember 2016 tentang persetujuan PAW Ketua DPRD Kota Ambon atas nama Ely Toisutta. Sidang Mahkamah Partai Golkar dipimpin hakim ketua Rudy Alfonso beserta anggotanya, yakni Adies Kadir, Edison Betaubun, Samsul Huda Heru Widodo, Christina Aryani dan panitera Muh Sattu Pali dan Dimas Pradana. “MPG juga dalam amar putusannya memerintahkan kepada DPD partai Golkar kota Ambon untuk mengajukan ulang surat permohonan persetujuan PAW Wakil Ketua DPRD Kota Ambon yang harus memenuhi syarat keputusan Rapimnas V partai Golkar tahun 2013 Nomor 02/Rapimnas-V/Golkar/X/2013,” ungkap Loupatty.

Menurutnya, dalam amar putusan MPG juga memerintahkan kepada DPP Partai Golkar untuk menerbitkan surat persetujuan PAW Wakil Ketua DPRD Kota Ambon terhadap salah satu nama yang akan diusulkan DPD Golkar Kota Ambon yang memenuhi syarat Rapimnas V tahun 2013. “Dengan keputusan yang bersifat final dan mengikat ini, maka SK DPP PG yang telah diterbitkan kepada Ely Toisutta menjadi batal demi hukum,” pungkas dia.

Elly Toisuta ketika ditemui di Balai Rakyat DPRD Ambon mengaku, tidak bisa menghadiri sidang putusan tersebut karena harus menghadiri beberapa agenda DPRD Ambon. “Setelah saya tiba di Ambon baru dikasih kabar soal agenda putusan sidang di Mahkamah Partai. Jadi tidak sempat menghadiri putusan tersebut. Dan ini bukan soal gengsi, tetapi soal pengisian kursi. Karena sudah dua tahun, kursi pimpinan yang harusnya di isi Fraksi Golkar itu kosong. Dan siapapun yang ditunjuk untuk mengisi kursi tersebut, maka sebagai kader partai kita tetap mengamankan keputusan partai. Siapapun tidak masalah yang penting terisi,” tutup anggota Komisi II DPRD Ambon ini.

Wakil Ketua DPRD Ambon, Rustam Latupono menambahkan, DPRD Kota Ambon menunggu hasil putusan persoalan internal fraksi Golkar di MPG. Perlu ada surat putusan dari partai untuk pengusulan wakil ketua DPRD untuk membatalkan SK sebelumnya sehingga DPRD hanya menunggu usulan tersebut dari DPP dan DPD untuk nantinya untuk melakukan proses pelantikan terhadap pimpinan DPRD yang baru. “DPRD sifatnya menunggu semua kelengkapan terkait dengan pengusulan pimpinan yang baru. Prinsipnya, kalau memang seperti itu berarti persoalan internal Golkar dianggap selesai. Intinya kita hanya menunggu surat usulan baru dari Golkar untuk selanjutnya diusulkan ke Gubernur lagi untuk merevisi SK sebelumnya. Dan kalau memang SK itu sudah ada, tinggal kita rapat untuk mengagendakan PAW,” kunci Latupono yang juga Sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon.(ISL)

Click to comment

Most Popular

To Top