Kembalikan Kejayaan Rempah Maluku – Ambon Ekspres
Ekonomi

Kembalikan Kejayaan Rempah Maluku

AMEKS ONLINE, AMBON.—Menteri Pertanian RI, Dr Amran Sulaiman, akan berupaya mendorong Provinsi Maluku dan Maluku Utara membangkitkan dan mengembalikan kejayaan tanaman rempah-rempah. Kekayaan alam yang dimiliki harus dikembangkan demi kesejahteraan masyarakat.

“Kekayaan dan kejayaan rempah-rempah di Maluku dan Maluku Utara harus kita kembalikan, penting untuk kesejahteraan dan kemajuan Indonesia kedepan, terutama dua provinsi ini,” kata Amran dalam sambutannya pada rapat koordinasi bersama seluruh bupati/walikota, kepala dinas pertanian, provinsi, kabupaten/kota serta dandim, se-Maluku dan Maluku Utara di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (4/10).

Menurut dia, berangkat dari kejayaan masa lalu, kedua provinsi ini menjadi terkenal dengan kekayaan alam mereka, terutama rempah-rempah. Pemerintah pusat akan mendorong pengembalian kejayaan tersebut. “Masyarakat kita harus dimulai dengan bertanam dan menanam saat ini. Pemerintah pusat akan mensuport itu. Masyarakat kerja, kita siapkan anggaran,” tuturnya.

Amran mengaku, pemerintah akan menyiapkan dan memberikan anggaran Rp 200 miliar, untuk kedua provinsi ini termasuk bantuan kepada para petani. “Anggaran segera kita realiasasikan dan cairkan. Kita harus memulai dari sekarang sehingga 10 tahun kemudian Maluku dan Maluku Utara sudah harus berjaya seperti masa lalu. Kejayaan itu yakni dengan rempah-rempah. Ada 10 traktor juga kita siapkan. Kalau ada yang mau minta, silahkan minta dan kita siapkan asalkan harus bekerja sehingga ada hasilnya nanti,” jelas dia.

Selain anggaran, kata Amran, pemerintah juga memberikan bantuan ratusan bibit cengkeh, pala dan sejumlah tanaman lain kepada kelompok tani. Hal itu dilakukan sebagai wujud keseriusan pemerintah pusat, dalam mendorong pengembalian kejayaan rempah-rempah di Maluku.

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan perhatian serius kepada Maluku terutama untuk mengembalikan kejayaan rempah-rempah di daerah ini. “Pemerintah pusat melalui menteri pertanian telah peduli terhadap Maluku, terutama ingin mengembalikan kejayaan rempah Maluku dengan bantuan kepada kelompok tani cengkeh dan pala,” kata Assagaff.

Dia berharap, bantuan yang diberikan langsung Menteri Pertanian RI itu, dapat mengembalikan kejayaan rempah-rempah Maluku. “Mudah-mudahan dengan semangat kerja, kerja dan kerja, kejayaan rempah-rempah Maluku bisa kembali terwujud,” tandasnya. (AHA)

Click to comment

Most Popular

To Top