Pendidikan Karakter berawal dari keluarga – Ambon Ekspres
Pendidikan

Pendidikan Karakter berawal dari keluarga

AMEKS ONLINE, AMBON.–Pendidikan Karakter di Lembaga SMP Al Wathan Ambon, yang berlokasi di Gunung Melintang Kebun Cengkeh, Ambon, melihatnya sebagai hal yang sangat penting untuk diterapkan di sekolah.

Kepada Ambon Ekspres, Kepsek SMP AL Wathan Ambon, Samsudin Renhoat. SE, mengatakan, pendidikan karakter diperlukan untuk mencegah anak/siswa terpengaruh hal buruk yang datang dari lingkungan tempat tinggalnya maupun di sekolah. “Awal dari pendidikan karakter ini berasal dari dalam yakni keluarga. Setelah itu, barulah disekolah sebagai penyempurnaan dari apa yang diajarkan orangtua kepada anak/siswa tersebut,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, kemarin.

Dikatakan, sebelum pemerintah mencanangkan pendidikan karakter, pihaknya telah lebih dulu memberikan pengetahuan tentang pendidikan karakter. Hal ini kalau ingin berjalan baik, harus ada kerjasama antara orangtua dan sekolah agar pendidikan karakter tersebut meresap masuk kedalam pribadi masing-masing anak/siswa.

“Kita bisa lihat, dari perkembangan teknologi saat ini anak/siswa dapat mudah mengakses internet dimana saja lewat handphone sehingga prilaku anak/siswa cepat terpengaruh dengan melihat konten negatif. Maka dari itu, lewat pendidikan karakter prilaku buruk anak/siswa dapat kita cegah sehingga anak/siswa tersebut tidak terjerumus ikut prilaku buruk yang ditontonnya,” ungkapnya. (M6)

Click to comment

Most Popular

To Top