KN Salawaku Angkut Motor Bodong – Ambon Ekspres
Berita Utama

KN Salawaku Angkut Motor Bodong

AMEKS ONLINE, AMBON.— Puluhan unit sepeda motor tanpa kelengkapan surat alias bodong diamankan polisi. Ironisnya, sepeda motor diangkut dengan KN Salawaku, kapal milik Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI.

apal milik negara yang diperuntukkan untuk menjaga perairan laut dan pantai di Maluku ini berpangkalan di Kota Tual. Kapal itu baru saja tiba dari Jakarta, Senin (9/10). Kapal mengangkut puluhan sepada motor yang disinyalir bodong.

Rencananya, puluhan unit sepeda motor ini akan dibawa ke Kota Tual. Polisi bertindak cepat. Setelah mendapat informasi, mereka langsung memeriksa kapal pada Selasa (9/10) sekira pukul 01.00 WIT.

Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui ada puluhan sepeda motor yang tidak memiliki dokumen. Kasus ini kini ditangani Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Soedarso (KPYS) Ambon. Barang bukti sepeda motor juga telah diamankan di Mapolsek KPYS. “Ada 35 unit sepeda motor yang kita amankan dari kapal KN Salawaku,” tandas Kapolsek KPYS, AKP, Roni Ferdi Manawan saat dikonfirmasi Ambon Ekspres, Selasa (10/10).

Dia menjelaskan, dari hasil penyedikan sementara dan berdasarkan pengakuan kru kapal, puluhan sepeda motor itu memang dibeli di Jakarta. Ada beberapa kendaran yang memiliki kelengkapan administasi. Hanya saja, kata Roni, secara teknis ada pelangaran yang dilakukan dilakukan. “Yang jelas ada beberapa kendaraan yang lengkap STNK dan BPKB. Hanya proses pengiriman harus melalui jasa pengiriman atau jasa yang dilegalkan. Kalau ini kan secara teknik ada pelanggaran, pengirimannya yang salah,” jelas Roni.

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top