KPU Kembalikan Berkas PSI-Perindo – Ambon Ekspres
Politik

KPU Kembalikan Berkas PSI-Perindo

AMEKS ONLINE, AMBON.— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon mengembalikan berkas pendaftaran Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pasalnya, jumlah Kartu Tanda Anggota (KTA) yang diserahkan masih kurang atau tidak sesuai dengan rekapan.

Ketua KPU Kota Ambon Martinus Kainama mengatakan, pengembalian berkas kedua partai tersebut, karena jumlah kepengurusannya ditingkat kecamatan tidak sesuai dengan daftar anggota yang dimintakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) ke KPU.

Dalam Sipol disebutkan, jumlah anggota ketika dimasukan dokumennya harus sesuai dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP sebagai bukti penggurus atau anggota partai. Tetapi, KTP dan KTA Perindo tak mencukupi. “Karena dari permintaan DPP sebanyak 1.141 anggota, sedangkan KTA dan KTP yang dikumpulkan hanya 1.093 orang. Sedangkan PSI yang memasukan dokumennya dari 588 anggota yang dimintakan DPP, tapi KTA yang meraka dimasukan hanya 294 orang. Makanya kami kembalikan untuk dicukupi dulu,” ujar Kainama saat menyampaikan keterangan pers di kantor KPU Kota Ambon, Selasa (10/10).

Meski kedua partai tersebut merupakan partai baru, tetapi ini menjadi contoh bagi partai lain untuk melengkapi berkasnya sebelum dimasukan ke KPU. Terutama jumlah anggota yang dimintakan oleh masing-masing DPP, harus bersamaan dengan KTA dan KTP. “Yang baru kita lihat saat ini hanyalah jumlah. Kalau mereka masukan nama-nama anggota sesuai dengan yang dimintakan DPP, kemudian dibuktikan dengan KTA dan KTP, tidak ada masalah.

Tetapi penjumlahan saja sudah tidak sesuai, makanya dikembalikan. Belum lagi verifikasi faktual, pasti terjadi penggandaan nama, makanya mereka harus hati-hati. Dan ini menjadi perhatian bagi partai yang lain,” katanya.
Komisioner KPU lainnya, Muhammad Shadek Fuad menambahkan, sejak pembukaan pendaftaran tanggal 3 Okrober, baru PSI dan Perindo yang memasukan berkas kepengurusan. Sementara untuk partai lama belum satupun memasukan berkasnya ke KPU.

Batas pendaftaran tanggal 16 Oktober. Olehnya KPU berharap, parpol-parpol tersebut secepatnya memasukan berkas agar tidak seperti PSI dan Perindo. Selain itu, karena KPU akan memverifikasi semua parpol. ‘’Makanya kami minta agar bisa dipercepat, karena belum tentu juga berkas yang mereka masukan semuanya lengkap, pasti ada yang kurang, sehingga ada rens waktu untuk diperbaiki. Jika tidak, maka ini menjadi masalah bagi mereka sendiri. Intinya kami dari KPU sudah ingatkan,” pungkasnya

HARI INI PDIP DAFTAR
Sementara itu, DPD PDI Perjuangan berencana menyerahkan berkas kepengurusan ke KPU Kota Ambon, hari ini. Pendaftaran tersebut sesuai instruksi DPP PDIP yang turut mendaftar di KPU pusat dan diikuti seluruh DPC PDIP seluruh kabupaten/kota di Indonesia. “Agenda resmi kami besok (hari ini) mendaftar ke KPU Kota Ambon. Ini sikap nasional PDIP. Dimana besok ketika DPP menuju jalan Imam Bonjol KPU Pusat, maka serentak untuk seluruh DPC PDI Perjuangan (PDIP, red) melakukan pendaftaran ke KPU masing-masing. Yakni sebagai konsultan pemilu 2019,” tandas Sekretaris DPC PDIP Kota Ambon, Jafri Taihutu kepada awak media di Balai Rakyat DPRD Ambon, Selasa (10/10).

Ketua Fraksi PDIP Kota Ambon ini menilai, syarat dan ketentuan menghadapi pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres) tahun 2019, telah dipenuhi. Yakni apa yang menjadi amanat undang-undang untuk persyaratan administratif telah dipersiapkan jajaran PDIP Kota Ambon. Mulai dari tingkat PAC dan ranting. “Seluruh persyaratan administratif telah dipenuhi. Tetapi DPC PDIP Kota Ambon selalu siap menanti verifikasi secara faktual di lapangan. Baik dari pihak penyelenggara pemilu maupun instansi lain yang terlibat dalam proses pendaftaran partai politik,” kata dia.

Menurutnya, dalam proses verifikasi tentu akan ada jeda waktu yang diberikan pihak penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU terhadap PDIP maupun partai lainnya untuk memperbaiki kelengkapan administrasi jika terjadi kekurangan. Dan DPC PDIP selalu siap dalam hal tersebut. “Pasti ada kekurangan dan ada jeda waktu untuk memperbaiki kekurangan jika memang terjadi. Tetapi kami optimis apa yang merupakan amanat undang-undang akan kita penuhi. Dan DPC PDIP melakukan ini sebagai awal kesiapan menyambut tahun politik. Baik itu pilgub 2018, pileg maupun pilpres 2019,” terangnya.

Disinggung soal waktu, mantan jurnalis ini mengaku, akan disesuaikan dengan agenda yang telah ditentukan pengurus partai. ‘’Tapi pastinya besok (hari ini) pendaftaran dilakukan secara serentak,” pungkasnya.
(WHB/ISL)

Click to comment

Most Popular

To Top