Rekomendasi PKS Pekan INI – Ambon Ekspres
Politik

Rekomendasi PKS Pekan INI

Asis Sangkala

AMEKS ONLINE, AMBON.–Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menetapkan dan mengeluarkan rekomendasi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku dalam pekan ini. Kandidat yang telah mengantongi rekomendasi parpol lain, bukan jaminan direkomendasi PKS.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Maluku, Asis Sangkala mengatakan, waktu penentuan rekomendasi sudah direncanakan minggu ini. Namun, hari dan tanggal belum dipastikan. “Belum diputuskan. Tapi, Insha Allah dalam minggu ini sudah akan diputuskan,” kata Asis via facebook messenger, Minggu (15/10).

Dari sekian nama kandidat yang berproses di PKS, kata Sangkala sebelumnya, hanya petahana Said Assagaff, Komandan Korps Brimob Murad Ismail dan Bupati Buru Selatan Tagop Soulisa yang berpeluang direkomendasi.

Murad menjalin komunikasi yang baik dengan elit PKS. Komandan Korps Brimob itu juga telah mengantongi rekomendasi Partai Amanat Nasional (PAN), Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Nasional Demokrat (Nasdem).

Sedangkan Said Assagaff memiliki elektabilitas tertinggi. Ketua DPD Partai Golkar Maluku, itu juga didukung oleh mayoriats kader dan struktur PKS. Dukungan politik Golkar juga dimiliki Said. Sementara elektabilitas Tagop, terus menanjak dan dia juga kepala daerah aktif.

Dari ketiga kandidat itu, baru Assagaff sudah menggandeng bakal calon wakil gubernur, yakni Anderias Rentanubun. Namun, PKS tidak selamanya memutuskan rekomendasi dengan format pasangan bakal calon.
Hal ini sangat ditentukan oleh putusan DPP. ”Tergantung putusan pimpinan. Kalau putuskan sudah berpasangan calon wakil maka langsung kaya SA (Said Assagaff). Tapi, kalau belum punya wakil, seperti TOP (Tagop Soulisa) dan MI (Murad Ismail), maka pasti (rekomendasi) sendiri dulu,” jelasnya.

Asis menanggapi analisis yang berkembang soal PKS sebagai salah satu parpol, selain Golkar, yang menjadi penentu pencalonan Assagaff. Menurut dia, wajar saja analisis seperti itu mengemuka setelah Murad menganongti rekomendasi PAN, Nasdem dan Hanura dan isu kotak kosong yang sempat mencuat.

Namun, kata dia, dinamika di PKS cukup kuat dan berdampak pada penentuan rekomendasi. Hal ini sudah dipikirkan secara matang oleh DPP, sebelum penentuan rekomendasi nanti. “Wajar-wajar saja analisis itu. Namun dinamika di DPP partai termasuk PKS kan sangat tinggi. Banyak orang yang punya kepentingan, baik langsung maupun tidak dengan Pilkada yang harus didengar DPP. Dan Insha Allah, kalau keputusan sudah bulat diambil, kondisi eksternal sudah diperhitungkan dan siap dihadapi pada saatnya,” papar mantan legislator Maluku Tengah itu.

Selain itu, PKS juga tidak mendasarkan keputusan semata berdasarkan jaminan rekomendasi parpol lainnya ke kandidat. Artinya, meski Assagaff sudah menjamin Golkar, Nasdem, PAN dan Hanura untuk Murad, tapi Tagop juga masih berpeluang. “Salah satu pertimbangan, tapi bukan harga mati. Sehingga Tagop juga masih punya peluang walau belum punya rekomendasi,” jelasnya lagi.

DPW PKS Maluku sudah menyelesaikan tugas penjaringan hingga penyerahan dan presentasi di DPP. Apapun keputusan DPP nantinya, struktural dan jaringan PKS siap bekerja keras mengamankan dan memenangkan pasangan calon yang diusung. “Intinya kita ingin menang, dan apapun keputusan yang diambil DPP itu adalah keputusan yang terbaik buat PKS. Kami semua, baik struktur dan kader siap mengamankannya dan bekerja keras memenangkan calon tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Husen Lessy mengatakan, sejauh ini belum ada informasi, karena pimpinan partai masih sibuk untuk mengurusi semua kelengkapan partai dalam menghadapi verifikasi jelang pilpers dan legislatif 2019. “Kalau soal itu belum tau kapan rekomendasi diputuskan, karena saat ini DPN masih sibuk dengan memantapkan semua kepengurusan di tiap provinsi dan kabupaten untuk dilakukan verifikasi Parpol ke KPU. Mungkin saja di akhir Oktober atau awal November ini, sudah ada putusannya,” ungkapnya. (TAB/WHB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!