Ulama Dunia Kembali Kunjungi Ambon – Ambon Ekspres
Amboina

Ulama Dunia Kembali Kunjungi Ambon

Al Habib Umar Bin Hafidz

AMEKS ONLINE, AMBON.—Kota Ambon akan kembali menjadi salah satu wilayah rihlah dakwah ulama dunia pada 19 hingga 21 Oktober mendatang. Kali ini, ulama dunia yang akan mengunjungi Kota Ambon, yaitu Al Habib Umar Bin Hafidz. Dia merupakan salah satu ulama terkemuka asal Hadramaut, Yaman.

Kedatangan ulama ini berkenaan dengan visi pemerintah provinsi memantapkan pembangunan Maluku yang rukun, religius, damai, sejahtera, aman, berkualitas dan demokratis dijiwai semangat Siwalima berbasis kepulauan secara berkelanjutan.

Upaya tersebut didudukkan pada landasan keagamaan yang majemuk di Maluku, baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha. Kehadiran ulama Ahlusunnah Waljamaah yang dikenal sebagai pendakwah dan selalu membawa pesan kesejukan dan perdamaian tersebut selama tiga hari di Maluku merupakan bagian dari upaya memperkokoh tauhid masyarakat Muslim Maluku, serta memperat hubungan kerukunan umat beragama.

Hal ini juga tercermin dari salah satu agenda Habib Umar yaitu menghadiri dialog antar umat beragama yang diselenggarakan di Universitas Patimmura Ambon dan rencananya akan diikuti pemuka agama lain di daerah ini.

Menurut Ketua Yayasan Ar Rahmah Ambon yang sekaligus panitia setempat, Habib Rifqi AlHamid, kedatangan Habib Umar Bin Hafidz ke wilayah timur Indonesia sebenarnya telah digagas sejak lama, tatkala Habib Jindan Bin Novel rajin berdakwah di pelosok timur Indonesia. “Sudah enam kali Habib Jindan ke sini (Maluku). Selain ke Ambon, juga ke Papua dan Sulawesi. Dari sini gagasan mengundang Habib Umar pun muncul. Saya utarakan kepada Habib Jindan bahwa masyarakat Ambon sangat merindukan sosok ulama seperti Habib Umar, dan Alhamdullilah setelah menunggu bertahun-tahun, Allah SWT mengabulkan doa kami,” katanya.

Tema rangkaian dakwah Habib Umar di Kota Ambon, yaitu “Safari Dakwah Habib Umar Bin Hafidz di Bumi Raja-Raja Maluku 2017”. Tema tersebut sesuai dengan manifestasi sejarah dari wilayah Maluku yang dulu dikuasai para raja. “Maluku dapat dimanifestasikan sebagai wilayah para raja, yang bila dikaitkan dengan isi Al Quran dimana terdapat Surat Al Mulk yang artinya juga adalah “Kerajaan”. Maka ada kecocokan atau keterkaitan,” terang dia.

Bahkan, katanya, kehadiran Habib Umar ke Kota Ambon juga dianggap tepat, karena dapat menjadi obat berbagai permasalahan umat di wilayah timur Indonesia. Tak hanya itu, ujarnya, Habib Umar merupakan sosok yang dapat memberikan pesan damai di antara umat beragama di Ambon. “Kita tahu, Kota Ambon punya sejarah kelam tentang kerukunan umat beragama. Kita tidak ingin itu terjadi lagi, dan Habib Umar adalah ulama yang dapat mewakili sejuknya Islam,” tutur Habib Rifqi.

Selama di Kota Ambon, Habib Umar akan mengikuti tiga kegiatan utama, yaitu pertemuan dengan ulama-ulama se-Indonesia Timur yang digelar pada 19 Oktober di Gedung Islamic Center. Kemudian pada 20 Oktober, akan mengikuti dialog antar umat beragama yang diselenggarakan di Universitas Patimmura, disusul dengan mengisi khotbah Jumat di Masjid Raya Al Fatah Kota Ambon.

Selanjutnya, Habib Umar direncanakan akan mengikuti Tabligh Akbar bersama ulama, tokoh, masyarakat, TNI/Polri, pejabat Pemprov Maluku di Lapangan Merdeka Ambon. Pada 21 Oktober, beliau akan mengikuti kegiatan pembacaan Maulid bersama Alawiyin, tokoh agama dan masyarakat di kediaman Habib Rifqi AlHamid.
Usai mengadakan Safari Dakwah di Kota Ambon, rencananya beliau akan menuju Surabaya serta Madura sebelum ke Singapura dan kembali ke Tarim, Hadramaut, Yaman. (ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!