Golkar : Tidak Mungkin Kotak Kosong – Ambon Ekspres
Politik

Golkar : Tidak Mungkin Kotak Kosong

Rekomendasi Dikeluarkan Pekan Ini

AMEKS ONLINE, AMBON.—Dalam pecan ini, Partai Golkar akan memberikan rekomendasi kepada pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku,
Said Assagaff-Anderias Rentanubun.

Golkar memastikan, tidak akan ada kotak kosong karena telah membangun komunikasi dengan beberapa partai politik untuk berkoalisi. Kepastian ini disampaikan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Timur (Maluku, Papua, Papua Barat) DPP Partai Golkar, Aziz Samual kepada Ambon Ekspres, Senin (16/10). “Semua sudah clear. Rekomendasi dalam minggu ini diserahkan kepada pak Assagaff dengan pak Andre secara langsung di DPP Golkar,” kata Aziz.

Partai Golkar memiliki 6 kursi di DPRD Maluku. Untuk bisa mendaftarkan pasangan calon ke Komisi Pemilhan Umum (KPU) Maluku,

Golkar butuh koalisi dengan parpol untuk memenuhi persyaratan 20 persen dari 45 kursi atau 9 kursi.
Aziz mengatakan, setelah penyerahan rekomendasi Golkar, beberapa parpol lain dipastikan akan menyusul.

Komunikasi dan lobi telah dimatangkan. Sebab, tandas dia, tidak mungkin Golkar memberikan rekomendasi tanpa kepastian rekomendasi dari parpol lain. “Mudah-mudahan sudah ada koalisi. Kalau sampai Golkar sudah keluarkan SK, itu berarti sudah ada deal dengan parpol lain untuk berkoalisi,” ujarnya.

Namun, dia tak mau menyebut parpol-parpol dimaksud. Akan disampaikan saat penyerahan rekomendasi. Olehnya itu, mantan calon Gubenur Maluku 2008 itu memastikan Assagaff dan Andre pasti lolos sekaligus menggagalkan upaya Pilgub satu pasang atau kotak kosong. “Ada beberapa partai yang sudah siap. Nanti pada saat penyerahan rekomendasi baru disampaikan. Tidak mungkin kotak kosong. Beliau sudah punya (rekomendasi) beberapa partai yang sudah siap mendampingi Golkar,” tandas Aziz.

Seperti diberitakan sebelumnya, bakal calon Gubernur Maluku, Murad Ismail berupaya menyapu bersih rekomendasi mayoritas parpol. Dengan tujuan head to head atau dua pasangan, dan kemungkinan melawan kotak kosong. Hingga sekarang, Murad telah mendapatkan nota rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Surat Keputusan (SK) sebagai tiket mendaftar, akan diberikan setelah Komandan Korps Brimob Polri itu memastikan balon wakinya.

PASANGAN YANG KUAT
Selain itu, lanjut dia, kepastian rekomendasi Golkar ini juga sekaligus mengklarifikasi isu ketikdakpastian pasangan Assagaff-Andre. Pilihan Golkar untuk pasangan ini didasari beberapa pertimbangan, antara lain hasil survei, kualitas, pengalaman dan kewilayahan. “Kita melihat pasangan ini punya survei yang paling tinggi. Karena di Maluku itu tidak perlu bicara agama, tapi bagaimana mencari figur yang baik ke depan membangun Maluku, dan pendampingnya benar-benar matang,” jelasnya.

Dari sisi kapasitas dan pengalaman, menurut Aziz, Andre sudah cukup matang. Ini dibuktikan dengan menjabat Bupati Maluku Tenggara dua periode, dan melahirkan beberapa prestasi di bidang pemerintahan. “Alhamdulillah, pak Andre sudah teruji, karena beliau masih bupati dan punya pengalaman dua periode. Dalam hal ini, jika berpasangan dengan pak Assagaff, mereka merupakan pasangan yang kuat,” urainya.

Ditunjang dengan keterwakilan wilayah, menurur Aziz, pasangan ini sulit dikalahkan. “Dan tidak mungkin ditandingi oleh siapapun. Mudah-mudahan. Karena pak Andre mewakili komunitas Maluku Tengggara dan pak Assagaff mewakili komunitas Maluku Tengah, dan itu perpaduan yang cocok,” pungkas dia. (TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!