LPMP Provinsi Maluku gelar Bimtek bagi sekolah model – Ambon Ekspres
Pendidikan

LPMP Provinsi Maluku gelar Bimtek bagi sekolah model

AMEKS ONLINE, AMBON.–Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku menggelar Bimbingan Tekhnis bagi sekolah model di Aula SMA Negeri 11 Ambon, Selasa, (17/10). Program ini berasal dari Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan untuk tingkatan SD, SMP dan SMA/SMK di Maluku.

Analis Data Pendidikan LPMP Provinsi Maluku, Megi limaHelu. M.Si, mengatakan, sesuai dengan aturan Permendikbud nomor 28 tahun 2016 mengaharuskan sekolah mengikuti Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan wajib mencapai 8 standar Nasional Pendidikan yang dilakukan lewat pemataan mutu. “Kalau sekolah melakukan pemetaan mutu atau evaluasi diri sekolah dengan menginput semua intstrumen yang ada dalam pemetaan mutu selama 2 tahun lalu maka dapat membuat sebuah profile mutu sekolah,” katanya kepada Ambon Ekspres.

Dikatakan, dari hasil pemetaan mutu tersebut dapat menyusun rencana kerja sekolah. Dan dapat diimplementasikan setelah itu barulah dievaluasi rencana kerja tersebut untuk dapat mengendalikan rencana tersebut.

“Ketika seluruh standar terpenuhi barulah sekolah menetapkan indikator baru bagi standar-standar yang sudah terpenuhi. Dan fokus kita untuk membimbing sekolah model yang ada di Kota Ambon, yang keberadaanya sekitar 17 sekolah model agar dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain. Rata-rata yang menjadi sekolah model itu telah terakriditasi A,” ungkapnya. (M6)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!