Toisuta Kembali Ditunjuk DPP Golkar – Ambon Ekspres
Politik

Toisuta Kembali Ditunjuk DPP Golkar

AMEKS ONLINE, AMBON.–Gagal dilantik 3 Mei 2017 lalu, tak membuat Elly Toisuta kehilangan peluang sebagai Wakil Ketua DPRD Ambon. Sekalipun gugatan telah dikabulkan Mahkamah Partai (MP) Golkar untuk membatalkan SK DPP Golkar Nomor 906 tahun 2016, Toisuta kembali ditunjuk DPP Golkar sebagai Wakil Ketua DPRD Ambon sesuai SK DPP Golkar Nomor B-1358/Golkar/X/2017.

Selasa 3 Oktober 2017 lalu, MP Golkar resmi mengabulkan gugatan Max Pattiapon. Gugatan tersebut, terkait pembatalan pelantikan Bendahara Fraksi Golkar DPRD Ambon, Elly Toisuta sebagai Wakil Ketua DPRD Ambon. Gugatan dilayangkan Pattiapon pada 2 Mei 2017. Alhasil, esoknya Toisuta gagal dilantik sebagai pimpinan DPRD Ambon. Sidang tersebut kemudian berlangsung hampir 4 bulan. Hingga MP Golkar memutuskan dan mengabulkan gugatan Markus alias Max Pattiapon. Dalam hasil keputusan MP Golkar, DPD Golkar diinstruksikan untuk kembali mengusulkan tiga nama ke DPP untuk direkomendasi kembali sebagai pimpinan DPRD Ambon. Yakni Max

Pattiapon, Elly Tosiuta dan Zeth Pormes selaku Sekretaris Fraksi Golkar kota Ambon.
Ketua DPD II Golkar Kota Ambon, Richard Louhenapessy juga telah memerintahkan pengurusnya untuk mengusulkan sejumlah nama tersebut ke DPP Golkar. Namun dalam perjalan Elly Toisuta kembali ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, lewat SK DPP Nomor :B-1358/Golkar/X/2017 yang dikeluarkan tanggal 13 Oktober 2017 dan ditandatangani Setya Novanto dan Idrus Marham selaku Ketua Umum dan Sekjen DPP Golkar.

SK menunjuk surat DPD Golkar Kota Ambon Nomor : R-30 /DPD-PG/KA/X/2017, tertanggal 8 Oktober 2017 tentang menindaklanjuti putusan MP Golkar berkaitan dengan pergantian Wakil Ketua DPRD Kota Ambon dari Partai Golkar atas nama H. Husen Toisuta karena meninggal dunia.
Dalam surat itu disebutkan, DPP Golkar memiliki pertimbangan dan kebijakan lain dalam menentukan pergantian

calon pimpinan DPRD Kota Ambon. DPP menyetujui dan mengesahkan Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua DPRD Kota Ambon periode 2014-2019 dari Almarhum Hi. Husen Toisuta kepada Ely Toisuta.
Juga disebutkan agar Ketua DPD Golkar Kota Ambon untuk memproses dan menindaklanjuti keputusan PAW Wakil Ketua DPRD Kota Ambon sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Max Pattiapon kepada Ambon Ekspres mengatakan, kurang mengetahui soal SK DPP yang kembali menunjuk Ely Toisuta sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon. Menurutnya, hal tersebut bisa saja terjadi. Akan tetapi seluruhnya diserahkan kepada DPP untuk memutuskan. “Saya kurang tahu soal informasi tersebut, tetapi bisa saja hal itu terjadi. Karena segala keputusan ada pada DPP Golkar. Mungkin sekitar satu minggu lagi baru SK dikeluarkan DPP,” kunci Pattiapon, di Balai Rakyat DPRD Ambon, Selasa (17/10).

Sementara itu, Elly Toisuta ketika dikonfirmasi mengatakan, sudah mendengar informasi terkait SK DPP yang kembali menunjuk dirinya sebagai pimpinan DPRD Ambon. ‘’Memang ada kabar yang menyatakan seperti itu. Tetapi saya tidak ingin melangkahi. Nanti kita lihat saja apakah memang seperti itu atau tidak. Karena saya belum memiliki bukti fisiknya,” ujarnya.

Anggota Komisi II DPRD Ambon ini menilai, dirinya akan menunggu kabar terkait pleno DPD Golkar Kota Ambon. Dimana DPD ditunjuk oleh DPP selaku penanggung jawab. “Dari situlah baru akan kita lihat bentuk fisik dan isi suratnya seperti apa dan persisnya menetapkan siapa, sehingga dari situ baru bisa dipastikan,” terang Toisuta. (ISL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!