PKS Rekomendasi Assagaff – Ambon Ekspres
Politik

PKS Rekomendasi Assagaff

AMEKS ONLINE, AMBON.—Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya memutuskan merekomendasi Said Assagaff sebagai bakal calon Gubernur Maluku 2018. Keputusan ini didasari sejumlah pertimbangan yang matang

Keputusan ini juga mengakhiri polemik dan isu mengenai kepastian sikap politik PKS untuk Pilgub Maluku. Termasuk menguatnya isu dua kandidat lainnya, yakni Murad Ismail dan Tagop Soulisa.

Sumber resmi di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS yang dihubungi Ambon Ekspres tadi malam mengatakan, PKS secara resmi telah merekomendasi Assagaff dalam Dewan Pimpinan Tingkat Tinggi Partai (DPTTP) di kantor DPP, Rabu (18/10) malam.

Rapat dipimpin Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, Persiden PKS Shohibul Imam, Sekretaris Jenderal Mustafa Kamal, Dewan Syariah PKS Surahman Hidayat, dan Ketua MPP PKS Suharna Surapranata.
“Keputusan sudah keluar dari hasil rapat yang digelar tadi siang hingga jam 8 malam WIB. Sudah diputuskan ke SA (Said Assagaff),” kata sumber yang tak mau ditulis namanya itu.

Dia mengatakan, keputusan rekomendasi merupakan hak prerogatif DPTTP. Tentu berdasarkan sejumlah pertimbangan politik yang matang, antara lain dukungan dari kader dan pengurus PKS, hasil survei dan kepastian rekomendasi Golkar ke Said Assagaff. “Karena semua materi sudah kita sampaikan. Antara lain survei, dukungan dari struktur partai dan kader juga sudah kita sampaikan. Dan partai-partai yang beproses mengusung kandidat, informasinya sudah kita sampaikan. Itu yang menjadi nilai bagi pak gubernur. Termasuk kepastian informasi Golkar ke pak Said,” paparnya.

Dia juga memastikan, pengurus dan kader PKS di Maluku akan tetap solid dan siap mengamankan keputusan DPP. Perbedaan pendapat dan keinginan kepada masing-masing kandidat, tidak menimbulkan gejolak internal. “Pasti hanya satu saja di antara sekian kandidat yang diputuskan oleh DPP. Makanya, sejak awal kami sudah menyiapkan, seluruh kader dan pengurus untuk mengamankan keputusan DPP,” tambah dia.

Penting diketahui, PKS merupakan partai pertama yang merekomendasi petahana. Sedangkan DPP Partai Golkar berencana memutuskan dan menyerahkan rekomendasi Said Assagaff dan bakal calon wakilnya, Anderias Rentanubun dalam minggu ini.
“Semua sudah clear. Rekomendasi dalam minggu ini diserahkan kepada pak Assagaff dengan pak Andre secara langsung di DPP Golkar,” kata Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Timur (Maluku, Papua, Papua Barat) DPP Partai Golkar, Aziz Samual kepada Ambon Ekspres, Senin (16/10).

Jika Golkar yang memiliki 6 kursi sudah menyerahkan rekomendasi dan ditambah 6 kursi dari PKS, maka Assagaff lolos sebagai calon. Menurut Aziz, pasti parpol lain menyusul memberikan rekomendasi setelah Golkar. “Mudah-mudahan sudah ada koalisi. Kalau sampai Golkar sudah keluarkan SK, itu berarti sudah ada deal dengan parpol lain untuk berkoalisi,” ujarnya. (TAB).

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!