Wakapolsek Banda Dicopot – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Wakapolsek Banda Dicopot

Ilustrasi Miras/Net

AMEKS ONLINE, BANDA.—Iptu Alfons Noya (AN), yang juga Wakil Kapolsek Banda, Polres Malteng akhirnya dicopot dari jabatannya. AN diketahui turut terlibat penjualan minuman keras (miras) tradisional jenis sopi di wilayah hukum tempat tugasnya. Dia dicopot Kapolres Malteng AKBP Raja Arthur Lumongga Simamora.

Kabid Propam AKBP Agus Sutrisno mengatakan, sebelum dicopot, Kapolda Maluku, Irjen Polisi Deden Juhara lebih awal telah memerintahkan jajaran Propam untuk melakukan penyelidikan guna membuktikan informasi, keterlibatan perwira pertama Polres Malteng, yang diduga terlibat peredaran miras di Kecamatan Banda. “Setelah beredar informasi atas dugaan keterlibatan salah satu oknum perwira di Polsek Banda dalam peredaran miras, kemudian pimpinan langsung memerintahkan agar segera melakukan penyelidikan. Tim sudah kita turunkan ke Banda, guna melakukan penyelidikan atas informasi tersebut,” kata dia kepada koran ini di Mapolda Maluku, Rabu (18/10).

Menurut dia, tim yang dipimpin salah satu perwira Polda Maluku, sudah berada di Banda sejak beberapa hari terakhir. Mereka menyelidiki keterlibatan oknum perwira polisi itu. “Dugaan sementara, yang bersangkutan (Iptu AN), terbukti melakukan tindakan tersebut. Tetapi sejauh ini, tim yang dikirim dari Polda Maluku masih berada di Banda. Jadi kita tunggu sampai mereka kembali baru kemudian melaporkan hasilnya secara detail,” jelas dia.

Selama di Banda, lanjut dia, tim telah meminta keterangan dari warga di Pulau Banda atas aktivitas maupun tindakan yang selama ini dilakukan oknum polisi tersebut. “Sudah ada sejumlah warga yang dimintai keterangan, dan sementara dugaannya mengarah kesitu (dugaan bekingan miras). Tapi secara detail dan pasti itu setelah tim tersebut kembali dari Banda. Tim itu dalam waktu dekat akan kembali, paling lambat awal pekan depan. Yang bersangkutan juga sudah dicopot dari jabatannya selaku wakapolsek. Lebih jelasnya silahkan langsung hubungi Kapolres Malteng,” tuturnya.

Kapolres AKBP Raja Arthur Lumongga Simamora yang dikonfirmasi membenarkan pencopotan Iptu AN dari jabatnya selaku Wakapolsek Banda. “Kita harus menjunjung tinggi azas praduga tidak bersalah. Sementara kita amankan (copot red), sementara dalam perjalanan dari Banda ke Masohi, untuk diperiksa lebih lanjut. Pasti akan kita berikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan,” kata dia ketika dihubungi, siang kemarin.

Arthur menambahkan, pihaknya akan memberikan sanksi dan tindakan tegas terhadap oknum perwira tersebut bila terbukti sebagai bekingan atas peredaran miras di Kecamatan Banda. “Kalau terbukti sudah pasti tindakan tegas kita berikan, sesuai dengan apa yang dilakukan oleh yang bersangkutan. Tim dari Polres dan Polda juga sudah kita terjunkan ke Banda, untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut termasuk mengamankan yang bersangkutan dari sana (Banda red),” pungkasnya.

Untuk diketahui, ditengah atensi dan gencarnya Polda Maluku memberantas minuman keras (miras) tradisional sopi, ada oknum polisi diduga terlibat dalam lingkaran pemasokan dan pemasaran miras ke masyarakat. Oknum anggota polisi itu diketahui berinisial AN dan bertugas di Polsek Banda. (AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!