Jadi Juara Berkat Ciptakan Lagu Anak dan Tulis Buku – Ambon Ekspres
Features

Jadi Juara Berkat Ciptakan Lagu Anak dan Tulis Buku

(SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS) BERPRESTASI: Monika Mardiana saat ditemui di TK Kanisius belum lama ini.

Monika Mardiana berhasil meraih juara I guru TK berprestasi Jawa Tengah 2017. Itu berkat kesukaannya menciptakan lagu dan menulis buku.

OLEH: SRI PUTJIWATI, Pati.

KEDUA tangan perempuan berparas cantik ini memegang dua buku. Tangan kanannya buku berjudul Persembahanku. Tangan kirinya buku petunjuk instruksional Lagu Tematik bagi Taman Kanak-kanak.

Kedua buku tersebut karyanya sendiri. Monika Mardiana sengaja membuatnya untuk pembelajaran siswanya di TK Kanisius. Namun tak hanya dua buku. Sudah banyak karya yang dia bikin. Bahkan, tak hanya untuk anak di sekolahannya.
Karyanya juga ikut dilombakan. Baik di tingkat kabupaten hingga provinsi. Hasilnya, Monika berhasil meraih Juara I Guru TK Berprestasi Jawa Tengah 2017.

Monika mulai mengajar di sekolahan tersebut sejak 2005 lalu. Sebelumnya sempat mengajar anak-anak berkebutuhan khusus di Malang Jawa Timur. Sejak 2009, perempuan kelahiran Jakarta, 13 Desember 1970 ini pun mulai menciptakan lagu anak-anak dan menulis buku.
Namun karyanya itu hanya sebatas pembelajaran untuk anak-anak di dalam kelas. Karena awal mula menciptakan lagu, dia hanya ingin menambah kreasi lagu untuk peserta didik di TK-nya. ”Saya menciptakan lagu sebatas lalu lalang saja untuk anak-anak. Kemudian ada beberapa lagu yang saya ciptakan dan kemudian menulis buku anak-anak. Saya berkarya seadanya tanpa berpikir apa-apa. Semuanya hanya untuk menunjang pembelajaran,” ungkapnya.

Tahun 2015, dia kembali termotivasi membikin karya lagi. Motivasi itu muncul saat dia mengikuti ajang Guru Berprestasi TK tingkat Jateng 2015. Namun saat itu hanya mendapatkan juara III. Menurut jurinya, karya yang dimiliki Monika sangat bagus. Hanya, belum ber-ISBN. Karya yang belum ber-ISBN itu pun akhirnya mempunyai kelemahan.

Istri Nugroho Sulistyo ini menuturkan, dari situ dia terpacu menciptakan lagu anak dan mendaftarkan di hak cipta. Ia menawarkan bukunya kepada penerbit dan disetujui. Tak hanya itu, Monika juga mengajak salah salah satu rekannya untuk mengaransemen lagu ciptaannya menjadi sebuah irama yang dapat menambah semangat belajar siswa.

“Saat ini sudah ada 14 lagu ciptaan saya yang telah terdaftar di hak cipta. Saya juga menulis 13 buku. Tujuh buku di antaranya sudah ber-ISBN. Sedangkan enam di antaranya belum. Beberapa karya lagunya bahkan telah digunakan untuk pembelajaran beberapa TK di berbagai daerah,” kata ibu dari Richard Paskalis Malindo dan Nicolas Adventus Desmond M. ini.

Berkat karya-karyanya itu, dia meraih Juara I Guru TK Berprestasi Jawa Tengah 2017 dan masuk 5 besar Guru TK Berprestasi tingkat nasional. Prestasinya itu sebagai pemacu bagi warga Jalan Kolonel Sugiono Gang Anugerah Pati ini kemarin.

Pada ajang itu, Monika membuat karya ilmiah PTK Gerai Stempel untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Didik Kelompok B TK Kanisius Pati. Gerai stempel sendiri merupakan gerak irama sesuai tema pembelajaran. Karya PTK itu membawa Monika menjuarai guru TK berprestasi Jateng dan masuk lima besar tingkat nasional.

”Meski tidak juara nasional, namun saya sudah bersyukur bisa bersaing dengan puluhan guru di tingkat provinsi di seluruh Indonesia. Ke depan saya ingin tetap berkarya menciptakan lagu dan permainan anak,” jelasnya.

Selain menjadi guru TK Berprestasi Jateng 2017, dalam waktu dekat ini dia juga akan mengikuti lomba permainan anak berjudul Tong Tong Sakalakadung. Permainan itu diciptakan Monika dan guru-guru lainnya di TK Kanisius dan akan maju di tingkat provinsi pada November 2017 mendatang.
(ks/put/lil/aji/JPR)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!