Panglima TNI Ditolak Masuk AS, Begini Reaksi Pemerintah RI

by

Panglima TNI telah membalas surat tersebut dan berkenan hadir. Gatot beserta isteri dan delegasi telah mengurus visa serta administerasi lainnya. Mereka pun rencananya akan berangkat pada 21 Oktober 2017 pukul 17:50 WIB dengan menggunakan maskapai penerbangan Emirates.

Namun beberapa saat sebelum keberangkatan, tiba-tiba ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan bahwa Panglima TNI beserta istri tidak boleh memasuki wilayah AS oleh US Custom and Border Protection.

Panglima telah melaporkan kejadian itu kepada presiden melalui ajudan, Menteri Luar Negeri dan Menkopolhukam. Ia juga telah berkirim surat kepada Pangab AS jenderal Joseph. F. Durfort Jr.

Kabar mengenai penolakan pemerintah AS terkait kedatangan Jenderal Gatot Nurmantyo dibenarkan Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Wuryanto.

“Pihak TNI masih menunggu penjelasan atas insiden ini, mengingat kepergian ke AS melalui undangan Pangab AS, Jenderal Joseph F Durford, Jr,” ujarnya.

Menurut Wuryanto, Panglima TNI dan istri memutuskan tidak akan memenuhi undangan sampai ada penjelasan resmi dari AS.

“Panglima TNI beserta isteri dan delegasi bukan membatalkan (keberangkatan) tetapi tidak bisa berangkat karena larangan masuk wilayah AS,” tandas Wuryanto.

(one/pojoksatu)

2 of 2Next