Apresiasi Operasi Urologi Gratis – Ambon Ekspres
Amboina

Apresiasi Operasi Urologi Gratis

AMEKS ONLINE, AMBON.–Tenaga medis dari Kota Vlisingen, Belanda kembali melakukan operasi gratis terhadap pasien penderita gangguan saluran kencing (urologi) di Kota Ambon. Operasi gratis yang dilakukan di RSUD dr M Haulussy Ambon ini mendapat apresiasi karena sangat membantu masyarakat, terutama yang kurang mampu.

Anggota Komisi D DPRD Maluku Nurlaila Salampessy mengatakan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif yang sangat luar biasa antara pemerintah daerah dan juga pihak rumah sakit, dalam bentuk aksi sosial.

Operasi ini telah membantu masyarakat, yang tidak mampu untuk menyembuhkan penyakit saluran kencing. “Kegiatan ini bentuk dari tindakan sosial nyata. Karena secara langsung sudah membantu masyarakat yang tidak mampu untuk menyembunyikan penyakit pada bagian saluran kencingnya. Kita harapkan kegiatan tersebut, memberikan peluang kepada mereka yang telah menjalani operasi dengan baik,” ujar Salampessy kepada Ambon Ekspres, Senin (23/10).

Menurutnya, kedepan diharapkan kegiatan tersebut, tidak hanya dilakukan untuk operasi gangguan pada alat vital saja, melainkan penyakit lain juga diperhatikan. “Kami harapkan agar kedepan, kegiatan seperti ini jangan, hanya untuk operasi alat vital saja. Tetapi penyakit lain juga harus dilakukan sehingga bisa membantu masyarakat yang tidak mampu. Sebab, masih banyak masyarakat yang mengalami penyakit, dengan membutuhkan anggaran besar untuk berobat,” kata Salampessy

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan Pemprov Maluku maupun pemerintah kabupaten juga bisa bekerja sama dengan pihak rumah sakit dan dokter ahli untuk kegiatan serupa. “Kegiatan seperti ini kedepan pemerintah daerah harus mengupayakan agar dilalukan juga di daerah-daerah. Bukan hanya di Kota Ambon.

Karena masih banyak masyarakat pesisir yang terkena penyakit seperti itu, tetapi belum mendapatkan perhatian serius secara medis yang disebabkan faktor ekonomi mereka sehingga tidak bisa berobat ke rumah sakit,” pungkas wakil rakyat Dapil SBT ini.

Direktur RSUD dr Haulussy Ambon, dr Justini Pawa menjelaskan, operasi saluran kecing (urologi) itu dilakukan oleh tenaga medis dari Vlisingen, Belanda atas kerjasama yang dilakukan dengan Pemkot Ambon sejak beberapa tahun lalu. “Ada operasi yang dilakukan tim medis dari Belanda, sejak 16 Oktober lalu. Operasi ini, khusus untuk saluran air kencing, secara keseluruhan. Kegiatan itu ada kerjasama atau sister city antara Kota Ambon dan Kota Vlisingen, Belanda,” jelas Pawa ketika ditemui koran ini di Kantor Gubernur Maluku, Senin (23/10).

Menurut dia, kegiatan bakti kesehatan yang dilakukan oleh tim kesehatan dari Kota Vlisingen, Belanda itu sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. “Kegiatan kesehatan yang berlangsung di RSUD, karena memang sasaran mereka untuk Maluku, khususnya di kota Ambon, dan itu mereka lakukan di RSUD. Kegiatan bakti kesehatan itu, sudah dimulai sejak 2014,” kata dia.

Pawa mengaku, kegiatan bakti kesehatan tersebut dilakukan setiap tahun sekali dengan kasus kesehatan yang berbeda-beda. “Setiap tahun dilakukan sekali. Jadi jadwal mereka itu, dilakukan sekali dalam setahun dengan operasi yang berbeda. Misalkan di tahun 2016 lalu, mereka melakukan operasi bedah atau operasi bibir sumbing. Nah kali ini, untuk SAL atau operasi saluran kecing yang sementara jalan dari 16 Oktober hingga 28 Oktober nanti,” bebernya.

Dikatakan, Pemprov Maluku, terutama RSUD dr Haulussy Ambon sangat terbantu dengan kegiatan bakti kesehatan yang dilakukan oleh tim medis tersebut. “Maluku sangat terbantu dengan kegiatan ini. Ini (kerjasama red), juga merupakan salah satu pertukaran teknologi dan tenaga kesehatan dari Ambon ke Vlisingen maupun sebaliknya. Mereka juga memberikan ilmu kepada kami dalam artian, kita yang lakukan operasi tapi didampingi oleh mereka dan hasilnya Alhamdulilah,” tandas Pawa.

Dia berharap, kerjasama maupun kegiatan bakti kesehatan ini, dapat berjalan terus hingga tenaga dan peralatan kesehatan yang ada di Maluku, sudah dianggap maju dan mandiri sesuai dengan yang diinginkan.
(AHA/WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!