Pemkab Malteng Kembali Dapat Opini WTP – Ambon Ekspres
Daerah

Pemkab Malteng Kembali Dapat Opini WTP

MAX TULAK/ameks WTP : Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku, Sudarmanto (tengah) menyerahkan penghargaan capaian opini WTP kepada Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, Senin (23/10).

AMEKS ONLINE, MALTENG.–Pemkab Maluku Tengah (Malteng) kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas penilaian pengelolaan keuangan tahun 2016 oleh BPK RI.  Secara beruntun,  pencapian opini terbaik atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berhasil diraih Pemkab Malteng tahun 2015 dan 2016.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku,  Sudarmanto mewakili Menteri Keuangan Sri Mulyani menyerahkan langsung piagam penghargaan capaian opini WTP kepada Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua,  Senin (23/10) di Pandopo Bupati Malteng.

Penyerahan penghargaan Menteri Keuangan RI itu terangkai bersama  kegiatan Focus Group Discussion (FGD)  Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2017.

Menurut Sudarmanto,  penyerahan penghargaan opini WTP merupakan tindaklanjut rapat kerja nasional akuntasi dan pelaporan keuangan di Kementrian Keuangan RI. Dia memastikan, capaian opini WTP Pemkab Malteng diberikan n merujuk pada hasil penilaian secara objektif terhadap pengelolaan keuangan  LKPD  Pemkab Malteng. “Opini WTP adalah penilaian keuangan yang paling objektif.

Kalau ada penyimpangan,  tidak sampai satu persen.  Capaian opini tertinggi terhadap hasil penilaian LKPD secara nasional dinilai berdasarkan empat kriteria penyusunan laporan keuangan.  Yakni kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), Pengendalian Internal yang efektif, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan,  dan kecukupan pengungkapan. Dimana akuntabilitas pengelolaan keuangan Pemkab Malteng telah sesuai dengan  standar akuntansi pemerintah,” terang Sudarmanto.

Dengan capaian opini WTP secara  berturut-turut, Sudarmanto optimis,  penilaian yang sama bisa diraih Pemkab Malteng di tahun-tahun mendatang.  “Saya optimis, selama kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Malteng  Tuasikal Abua – Marlatu Leleury capaian opini WTP bisa diraih,” tandasnya.

Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua kepada wartawan mengaku bangga atas kerja keras semua jajaran birokrasi Malteng hingga raihan opini WTP sebagai prestasi tertinggi terhadap penilaian pengelolaan keuangan dari BPK bisa diraih. Meski opini WTP merupakan prestasi tertinggi terhadap penilaian pengelolaan keuangan,  menurut dia, hal itu bukanlah tujuan akhir Pemkab Malteng.  ‘’Sebaliknya, ini merupakan langkah awal bagi Pemkab Malteng untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Maluku Tengah demi optimalisasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” tandas Abua.

Dirinya meyakini, capaian opini WTP dua tahun berturut-turut ini dapat terus dipertahankan selama masa kepemimpinanya bersama Wakil Bupati Marlatu Leleury. “Saat awal memimpin tahun 2012, opini yang kita raih adalah Disclaimer.  Kita terus berjuang hingga meraih opini WTP pada tahun 2015 dan 2016. Intinya, kita punya pengalaman untuk meraih opini WTP. Tinggal bagaimana mengawal dan memperbaiki pengelolaan keuangan yang ada.  Sampai tahun 2022 opini WTP sanggup kita wujudkan,” tegasnya. (MYX)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!