3 Penyelundup Cinnabar, Siap Jalani Sidang – Ambon Ekspres
Metro Manise

3 Penyelundup Cinnabar, Siap Jalani Sidang

AMEKS ONLINE, AMBON.–Tiga tersangka penyelundupan dan penimbunan cinnabar 1,2 ton, MH alias Mat (50), IS alias Iwan (31) dan AB alias La Arman (34) segera diadili. Ketiganya ditangkap di Dusun Hulung, Desa Iha, SBB, pada September lalu..

Kapolres Seram Bagian Barat, AKBP Agus Setiawan mengatakan, berkas perkara tiga tersangka penyelundup dan penimbun batu cinnabara itu, dinyatakan lengkap P21, oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari SBB, beberapa waktu lalu. “Setelah koordinasi dengan rekan-rekan JPU Kejari SBB, Senin sore kemarin, kita menyerahkan berkas perkara barang bukti dan tiga tersangka, penyelundup dan penimbun batu cinnabar yang kita amankan dikawasan Dusun Hulung, Desa Iha, pada September lalu,”kata Kapolres kepada koran ini, Selasa (24/10).

Setelah dilakukan penyerahan dan pelimpahan berkas perkara dan barang bukti, selanjutnya ketiga tersangka itu akan menjalani sidang, di Pengadilan Negeri SBB, untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.
“Untuk selanjutnya itu kewenangan dari rekan-rekan JPU, guna menyidangkan mereka. Tugas polisi dalam penanganan kasus cinnabar dengan tiga tersangka itu akhir selesai,”jelas dia.

Mantan Kasubdit III, Direktorat Reskrimum Polda Maluku ini mengakui, ketiga tersangka itu dijerat dengan Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara. “Mereka (tersangka red) juga dikenakan dengan Undang-Undang Lingkungan Hidup nomor 32 tahun 2009. Ancaman pidana penjara diatas 5 tahun,” pungkasnya.

Untuk diketahui, polisi mengamankan 1,2 ton batu cinnabar bersama pemiliknya di kawasan Dusun Hulung, Desa Iha, SBB. Barang bukti batu cinnabar dikemas dalam karung bulog berjumlah 32 karung. Terdiri dari 7 karung berjumlah 266 Kg ditemukan di rumah MH alias Mat. Kemudian 11 karung seberat 424,1 Kg ditemukan di rumah IS alias Iwan dan 14 karung dengan berat 533,6 Kg ditemukan dirumah AB alias La Arman. (AHA)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!