Hari Ini Jembatan Waeruhu Dibongkar – Ambon Ekspres
Berita Utama

Hari Ini Jembatan Waeruhu Dibongkar

AMEKS ONLINE, AMBON.–Setelah molor beberapa hari dari jadwal pengerjaan, Jembatan Waeruhu yang terletak di Desa Galala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon segera dibongkar. Kemacetan parah, diprediksikan akan terjadi disepanjang kawasan tersebut, akibat pembongkaran maupun pengerjaan jembatan.

Polisi, Dinas Perhubungan dan pihak pekerja sudah siap untuk bekerja keras mengurai kemacetan sepanjang pengerjaan jembatan dilaksanakan. Kendaraan roda enam maupun kendaraan dengan bermuatan diatas 4 ton, dilarang melintasi jembatan darurat yang telah disiapkan pekerja disamping jembatan tersebut.

Informasi koran ini, sesuai jadwal jembatan Waeruhu harus dibongkar pada 20 Oktober lalu. Namun karena belum ada koordinasi dan kesiapan dari pihak pekerja dengan kepolisian maupun dishub menyebabkan terjadi penundaan. “Rencananya tanggal 20 Oktober tapi tertunda. Besok (hari ini) baru dilakukan pembongkaran,’’ ungkap salah seorang pekerja yang sementara melaksanakan pekerjaan dikawasan jembatan tersebut ketika ditemui koran ini, Selasa (24/10).

Menurut dia, saat ini semua persiapan sudah rampung sehingga pembongkaran sudah bisa dilakukan. Pengalihan arus lalulintas ke jembatan darurat juga sudah bisa dilakukan dengan melibatkan aparat kepolisian dan dinas perhubungan. “Yang kami tahu besok (hari ini) sudah pasti jembatan akan dibongkar. Ketika jembatan dibongkar, maka arus kendaraan dipindahkan ke jembatan alternatif yang telah disiapkan. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi pimpinan kita saja,” timpalnya.

Sementara itu, salah satu pejabat dari Satker Proyek Rehabilitasi Jembatan Waeruhu dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IX Maluku dan Maluku Utara, Rahmawati Masewa mengatakan, berdasarkan hasil rapat dengan pihak polisi lalulintas, dishub, dan pihak pekerja, maka jembatan baru akan di bongkar Rabu (hari ini). “Jadi hasil rapat itu, memang masih ada yang mau disiapkan oleh pihak pekerja seperti traffic dll. Rencananya besok (hari ini), sekaligus dengan pembongkaran jembatan,” kata dia ketika ditemui koran ini.

Rahma mengaku, saat ini penyedia (kontraktor red), sementara berada diluar Maluku untuk mengecek sejumlah bahan yang akan dipakai untuk rehabilitasi jembatan itu. “Penyedia sementara berada di Pulau Jawa, untuk mengecek elemen baja yang digunakan untuk jembatan. Sampai saat ini sudah tidak ada lagi kendala untuk pembongkaran jembatan. Jadi kemungkinan besok sudah dibongkar,” jelas dia.

Menurut dia, pembongkaran jembatan sudah tidak ada persoalan lagi. “Memang tidak ada kendala lagi. Untuk jembatan darurat memang tidak bisa dilalui kendaraan roda 6 atau lebih, dan kendaraan yang bermuatan diatas 4 ton. Kendaraan roda 6 yang diperbolehkan lewat hanyalah pemadam kebakaran, bila suatu waktu ada terjadi keadaan darurat yang memerlukan kendaraan harus melintasi jembatan darurat. Selebihnya melintasi JMP,” tegas wanita berkerudung itu.

Sebelumnya, Kadis Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Maluku, Ismail Usemahu mengatakan, rehabilitasi Jembatan Waeruhu perlu dilakukan, mengingat kondisi jembatan sudah berusia puluhan tahun. “Memang sudah waktunya diperbaiki. Bagian bawah atau penyangga yang mengalami kerusakan maka harus diperbaiki,” kata dia kepada koran ini, beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Rehabilitasi Jembatan Wairuhu merupakan proyek dari BPJN Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Sesuai dengan yang terterah di papan nama proyek itu, jembatan ini, dikerjakan dengan anggaran Rp 10.149.996.000, yang bersumber dari APBN 2017, dengan jangka waktu pelaksanaan 172 hari. (AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!