Ameks Partner Satgas Saber Pungli – Ambon Ekspres
Berita Utama

Ameks Partner Satgas Saber Pungli

LUTFI HELUT/AMEKS BERANTAS PUNGLI : Foto bersama Satgas Saber Pungli Nasional, saat berkunjung di Graha Ambon Ekspres, Rabu (25/10).

AMEKS ONLINE, AMBON.—Upaya pemberantasan pungutan liar (pungli), terus dilakukan pemerintah melalui Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Harian Ambon Ekspres, menjadi media patner dalam rangka pemberantasan pungli yang ada di Maluku.

Wakil Sekretaris Satgas Saber Pungli Nasional, Irjen Polisi Moh Ghufron mengatakan, keberanian membangun budaya masyarakat supaya mau melawan pungli bukanlah hal yang mudah dilakukan bila tidak ada dukungan media massa.

Media memiliki peran yang sangat strategis untuk membantu pemerintah terutama Satgas Saber Pungli. “Membangun karakter dan mengajak masyarakat mengatakan lawan pungli ini kan tidak gampang. Butuh waktu dan media. Media termasuk Ambon Ekspres yang bisa memberikan pesan-pesan itu. Kami dengan permohonan yang sangat luar bisa Ambon Ekspres dan jajarannnya sama-sama menyuarakan hal ini,” kata dia ketika bertandang ke Graha Ambon Ekspres, Rabu (25/10).

Menurut dia, media massa termasuk Ambon Ekspres memiliki kemampuan dan kekuatan kepada masyarakat agar bisa memerangi pungli. “Kita suarakan lewat media massa termasuk Ameks ini, untuk membantu kami di Maluku,” jelas dia.

Mantan Kapolres Ambon tahun 1999 – 2000 ini mengatakan, sosialisasi terhadap pungli yang dilakukan selama ini masih terbatas. “Nah yang tanpa batas itu media, dan media ini yang kami harapkan bisa bersama-sama membangun masyarakat menjadi para pelayan publik ini, tidak ada lagi pungli. Butuh waktu dan butuh konsistensi,” tuturnya.

Sekretaris Satgas Saber Pungli Nasional Mayjen TNI Andrie TU Sutarno mengatakan, Ameks dijadikan sebagai media patner dalam rangka pemberantasan pungli di Maluku. ‘’Kita harus jujur, jika ternyata Ameks punya cetak dan elektor, termasuk online, sudah barang tentu sangat membantu kami, dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat, terutama membersihkan Maluku dari pungli,” kata dia.

Dia berharap, dengan menjadikan Ameks sebagai patner dalam rangka pemberantasan pungli di Maluku, maka Maluku akan semakin maju dan bebas dari segala bentuk aksi pungli. “Harapan kita Ambon bisa kondusif, datangkan investor dan bebas pungli,” pungkasnya.

Direktur Utama Ambon Ekspres, Machfud Waliulu memberikan apresiasi atas kepercayaan Satgas Saber Pungli Nasional untuk menjadikan Ameks sebagai media partner pemberantasan pungli di Maluku. “Kita akan tetap bersama-sama dan membantu pemerintah ataupun Satgas Saber Pungli untuk sama-sama kita berantas pungli di daerah ini,” kata Waliulu.

Dengan kepercayaan ini, dirinya berharap agar secepatnya direalisasikan kerjasama Ameks dengan Satgas Saber Pungli Maluku. “Kita berharap untuk secepatnya kita realisasikan dalam rangka membebaskan Maluku dari aksi pungli,” tandas dia.

Ketua Satgas Saber Pungli Maluku, Kombes Polisi Sarono menyampaikan, kerjasama ini segera direalisasikan. “Akan segera kita bicarakan untuk mencapai tujuan itu yakni Maluku bebas dari pungli,” singkatnya.

SOSIALISASI PERPRES
Sementara itu, sebelumnya tim Satgas Saber Pungli melakukan sosialisasi terhadap Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli kepada mahassiswa, pelajar dan masyarakat serta stekholtder terkait yang berlangsung di Swiss Belhotel Ambon. Sosialisasi dihadiri masyarakat, TNI/Polri, mahasiswa dan pelajar yang ada di Kota Ambon. (AHA)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!