Anggaran Minim, KONI Bursel Tak Berani Lakukan TC Popmal – Ambon Ekspres
Olahraga

Anggaran Minim, KONI Bursel Tak Berani Lakukan TC Popmal

Pelatih sepakbola PPLP Maluku, Jopi Patty memberikan arahan kepada pemain usai melakoni latihan di Stadion Mandala Remaja, Karang Panjang, Sirimau, Kota Ambon, kemarin pagi (Faiz/Ameks)

AMEKS ONLINE, AMBON-Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) edisi keempat di Kabupaten Buru tahun depan, belum ada persiapan khusus yang dilakukan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kabupaten Buru Selatan. Tidak ada geliat olahraga jelang ajang tiga tahunan tersebut.

Program jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang direncanakan oleh ‘ayah’ induk olahraga di kabupaten bertajuk ‘Lolik Lalen Fedak Fena’ itu semuanya berantakan lantaran tidak ada anggaran. Alhasil, para pengambil keputusan dibilik KONI Bursel tidak berani untuk melakukan TC (traning center) untuk atlet yang akan diterjunkan dalam Popmal nanti.

Wakil Ketua KONI Kabupaten Buru Selatan, Nico Sopacua menjelaskan, keputusan itu (tak berani lakukan TC) dilakukan lantaran anggaran KONI Bursel tidak ada.’’ Kami tak berani melaksanakan TC maupun tryout bagi atlet. Sebab, dananya memang tidak ada. Karena itu, kami masih menunggu anggaran untuk persiapan Popmal,’’ ungkap Sopacua.

Dijelaskan, tak berani melakukan TC atau tryout atlet hanya sebagian kecil problematika KONI Bursel. Ada hal jauh lebih besar yang harus dipecahkan secara bersama-sama. Yakni, ketakutan untuk merebut medali di ajang tersebut.’’ Secara tidak langsung, dana yang minim itu memengaruhi jalannya sebuah program yang telah dicanangkan sejak awal, selain itu perebutan medali di ajang itu harus menjadi perhatian serius semua pihak (stakeholder olahraga),’’ papar dia.

Sampai saat ini, beber Sopacua, belum jelas gambaran dana yang dialokasikan Pemerintah Kabupaten Bursel untuk mempersiapkan atlet jelang event tersebut.’’ Kami tidak bisa berbuat apa-apa karena anggaran untuk melakukan program untuk proyeksi Popmal sama sekali tidak ada, makanya kami sementara menunggu aksi dari pemerintah,’’ beber Sopacua.

Pria berkacamata ini menjelaskan, pihaknya perlu menganggarkan dana untuk pelaksanaan latihan yang lebih intensif. Bahkan latihan menjadi prioritas utama yang akan dilakukan KONI Bursel dalam mempersiapkan atlet terbaik untuk berlaga di Popmal nanti.’’ Kami sudah menyiapkan semuanya, namun program itu berjalan tidak sesuai dengan skenario sebab sampai detik ini anggaran tidak ada. Kami belum berani untuk melangkah lebih jauh,’’ jelasnya.

Harusnya, tambah Sopacua, semua atlet diseluruh cabang olahraga sudah bisa melakukan latihan persiapan lebih awal. Bahkan cabor yang mengasah atlet mereka dengan mengikuti kejuaraan, baik tingkat daerah maupun nasional.’’ Kami memiliki beberap cabor unggulan. Kalau atlet tak disiapkan secara baik, maka kami pesimistis mereka bisa berbuat lebih di hajatan olahraga Maluku itu. Inilah yang harus dipikirkan oleh para pemangku kepentingan di kabupaten ini,’’ tutup Sopacua saat dihubungi Ambon Ekspres, Rabu (25/10). (ZAL)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!