Siswi Kelas XII SMA yang Mampu Menerbitkan Buku – Ambon Ekspres
Features

Siswi Kelas XII SMA yang Mampu Menerbitkan Buku

Aisy Nadira Permata

AMEKS ONLINE, AMBON.–Ketekunan Aisy Nadira Permata terhadap dunia tulis menulis berbuah manis. Usianya baru 17 tahun, namun dia sudah menelurkan dua novel hasil tulisannya sendiri.

OLEH: VEGA DWI ARISTA, Sidoarjo

SEMUANYA memang tidak lepas bahwa sejak SD Aisy sudah gemar membaca. Selain membaca buku, dia juga membaca cerpen. Bahkan di rumahnya di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, ratusan buku sudah dimiliki anak pasangan Priyo Susanto dan Rien Wahyuningrum ini.

Selain membaca, anak sulung dari dua bersaudara tersebut kemudian juga mengembangkan bakatnya ingin menulis.

Akhirnya saat kelas X SMA, tercetuslah ide Aisy ingin menerbitkan buku. Singkatnya, dalam jangka setahun, siswi yang juga kreatif dalam membuat film pendek ini berhasil menyelesaikan karya berupa buku yang berjudul “The Broken Wings” dengan tebal 355 halaman.

“Bukunya menceritakan tentang kisah masa-masa remaja anak SMA. Buku tersebut saya tulis atas dukungan pihak keluarga dan sekolah,” tuturnya.

Aisy mengaku dari buku pertama tersebut dirinya semakin terlecut menerbitkan banyak buku lagi. Dengan rasa percaya dirinya, siswi kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo jurusan IPA ini sudah menerbikan buku keduanya.
“Dengan pengalaman di pembuatan buku pertama membuat buku kedua lebih gampang,” katanya.

Meski demikian, Aisy juga harus membutuhkan waktu setahun untuk menciptakan buku berjudul “Nuansa Hujan”. Buku setebal 264 halaman itu menceritakan tentang kekurangan sejumah wanita yang akhirnya sukses dengan semangat dan support. “Kekurangan setiap wanita bukan penghalang untuk menyerah,” terangnya.

Meski demikian, ia mengaku masih memiliki kendala. Menurutnya, awal membuat buku menjadi salah satu masalah. Membuat kerangka hingga menyusun kalimat yang enak dibaca menjadi salah satu hal yang membuatnya harus berpikir keras. “Setiap buku yang saya tulis memiliki tingkat kesulitan masing-masing,” jelasnya.

Dirinya berharap, dua buku yang saat ini sudah dijual di sejumlah toko buku itu bisa menginspirasi para pembaca. “Inginnya membuat buku yang lebih banyak lagi, semoga saja bisa,” ujar peraih juara 3 lomba lomba film pendek tingkat Jawa Timur-Bali ini. (sb/rek/rek/JPR)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!