Tiga Petinju Maluku Masih Tangguh di Kejurnas – Ambon Ekspres
Olahraga

Tiga Petinju Maluku Masih Tangguh di Kejurnas

Titaley : Peluang Meraih Medali Cukup Terbuka

AMEKS ONLINE, AMBON.-Tiga petinju binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Maluku masih belum mendapat kesulitan yang berarti atas lawan–lawannya, pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tinju antar PPLP, PPLPD dan SKO se-Indonesia tahun 2017 yang berlangsung Sport Hall, Karang Panjang, Sirimau, Kota Ambon, kemarin.

Tiga petinju ini sukses menumbangkan lawan mereka dan membuka peluang ke partai selanjutnya. Mereka adalah Monica Isikiwar (kelas 44 Kg), Silya Muskitta (kelas 48 Kg) dan Claudio Pelupessy (kelas 48 Kg). Dalam laga yang berlangsung sengit itu, Monica berhasil meredam Vila Lestary dari Sulawesi Tengah. Sementara Silya menumbangkan Anisa dari Sulawei Selatan dan Claudio sukses mengalahkan Michael dari Kalimantan Selatan. Hasil ini membuka peluang anak-anak Maluku untuk meraih medali di ajang tahunan tersebut.

Sayang, keberhasilan Isikiwar cs tidak diikuti tiga petinju lainnya yang harus mengakui lawan–lawannya. Julian Tahalele (kelas 63 Kg) harus kalah atas Julianda dari Jambi. Kemudian, Julian Tahalele (kelas 63 Kg) juga harus kalah dari Muhammad Safry dari Bengkulu dan Elsa Makarawe (kelas 54 Kg) ditaklukan Claudia dari Sumatera Utara.

Ketua Bidang Pertandingan Kejurnas tinju AntarPPLP, Agus Titaley mengatakan, hingga hari ini (kemarin), ada tiga petinju PPLP Maluku yang berhasil lolos ke fase selanjutnya. Sementara lima petinju Maluku sudah tumbang. Dengan lolosnya ketiga atlet, asa medali emas kembali terbuka.’’ Jadi ada petinju yang sudah lolos, yakni Monica, Silya dan Claudio. Sedangkan yang sudah kalah hingga hari ini, tercatat ada lima petinju, yaitu Julian, Arthur dan Elsa. Sebelumnya, sudah ada petinju yang lebih dulu tumbang, Brian Parera dan Arthur,’’ jelas Agus kepada Ambon Ekspres di Gedung Pertina Maluku, Karang Panjang, kemarin.

Agus menilai, persaingan untuk merebut medali di event berskala nasional memang sangat sengit. Beberapa petinju lawan cukup baik saat bertanding melawan tuan rumah. Tapi, mudah-mudahan dengan pola teknik bertinju yang baik, tiga petinju yang lolos bisa memberikan perimbangan, sekaligus merebut medali emas.’’ Semua petinju punya peluang untuk merebut medali. Tinggal bagaimana dimanfaatkan oleh petinju itu sendiri saat bertarung,’’ ungkapnya.

Menatap laga selanjutnya, Titaley mengaku kans medali emas memang masih terbuka. Semua bisa tercapai asal ada kemauan besar dari atlet itu sendiri. Termasuk mental bertanding saat berlaga di ‘rumah sendiri’.’’ Semua tergantung mental petinju. Kami melihat antusias suporter tuan rumah sangat tinggi. Harusnya ini jadi modal penting bagi seluruh petinju Maluku, terutama yang sudah lolos ke fase selanjutnya. Bila semangat mereka tinggi dan mental kuat, mudah–mudahan medali emas bisa direbut. Karena saya yakin, teknik dan stamina semua merata,’’ tutup Titaley.(ZAL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!