Gagal Referendum, Presiden Kurdi Massud Barzani Mengundurkan Diri – Ambon Ekspres
Internasional

Gagal Referendum, Presiden Kurdi Massud Barzani Mengundurkan Diri

Presiden Kurdi Massud Barzani (Foto: AFP)

AMEKS ONLINE, ARBIL – Presiden Kurdi Massud Barzani mengatakan bahwa dia mengundurkan diri di tengah referendum kemerdekaan Kurdi yang kontroversial.

Pernyataan pengunduran diri itu dikatakan pada sebuah sebuah sidang tertutup di parlemen regional pada Minggu, (29/10/2017).

Pasukan Kurdi sepakat pada hari Minggu untuk menyerahkan diri kepada pemerintah pusat untuk mengendalikan pos perbatasan strategis Fishkhabur.

Pos tersebut merupakan wilayah dimana pipa minyak diekspor ke Ceyhan di Turki.

Keputusan itu diambil setelah berminggu-minggu terjadi bentrokan bersenjata antara Baghdad yang menegaskan kembali kontrol atas wilayah-wilayah yang dikuasai orang Kurdi yang kaya minyak.

“Setelah 1 November, saya tidak lagi menjalankan tugas saya, dan saya menolak perpanjangan mandat saya,” kata Barzani dalam sebuah surat yang dibacakan ke parlemen di ibukota Kurdi, Arbil.

“Mengubah undang-undang tentang kepresidenan Kurdistan atau memperpanjang masa jabatan presiden tidak dapat diterima,” lanjutnya.

“Saya meminta parlemen untuk bertemu untuk mengisi kekosongan kekuasaan, untuk memenuhi misi tersebut dan untuk mengambil alih kekuasaan kepresidenan Kurdistan,” kata surat tersebut.

Barzani sebelumnya menyelenggarakan referendum 25 September lalu dan menyatakan ingin bebas dari Irak.

Presiden Irak saat ini, Fuad Masum, juga anggota PUK dan telah mendorong sebuah dialog antara Kurdi dan Baghdad sebelum referendum.

Setelah pemungutan suara, Masum menyalahkan referendum karena memicu serangan terhadap Kirkuk.

Mandat Barzani, presiden terpilih pertama daerah otonom Kurdi, yang seharunya berakhir pada 2013.

Ia diperpanjang selama dua tahun dan dia terus memimpin selama kekacauan yang terjadi setelah mengalahkan IS ISIS di seluruh Irak pada tahun 2014.

(mia/pojoksatu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!