DPP Golkar Restui Toisuta – Ambon Ekspres
Politik

DPP Golkar Restui Toisuta

AMEKS ONLINE, AMBON.–SK DPP Golkar Nomor B-1358/Golkar/X/2017, akhirnya tiba di DPRD Kota Ambon. SK yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Setya Novanto dan Idrus Marham ini dilayangkan bersamaan dengan SK DPD II Golkar Kota Ambon Nomor B-37/DPD-PG/KA/X/2017.

SK tersebut tiba sekira pukul 13.00 WIT dan diterima Staf Ahli Golkar untuk kemudian dilanjutkan ke Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Ambon. SK DPP Golkar ini dikeluarkan 14 Oktober 2017, untuk kedua kalinya mengangkat Bendahara Fraksi Golkar Elly Toisuta sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Ambon.

SK DPP Golkar Nomor 906 tentang pengangkatan Toisuta yang dikeluarkan sebelumnya, digugat Max Pattiapon.
“Kita baru saja menerima dua surat yang satunya dari DPP dan satunya dari DPD Golkar Kota Ambon. Isinya itu tentang pergantian antar waktu Wakil Ketua DPRD Ambon. Dimana Elly Toisuta ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD Ambon untuk ditindaklanjuti,” tandas salah satu pegawai DPRD Ambon, yang enggan namanya dikorankan, Senin (30/10).

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Ambon, Elkyopas Silooy mengatakan, surat tersebut telah tiba di ruangannya, langsung diproses. Mekanismenya, DPRD Kota Ambon akan langsung menindaklanjuti ke Pemkot Ambon untuk dilanjutkan kembali ke Gubernur Maluku, Said Assagaff. “Dan ketika gubernur mengeluarkan rekomendasi untuk pelantikan baru kita lakukan lewat paripurna,” tandas Silooy.

Diberitakan sebelumnya, meski gagal dilantik pada 3 Mei 2017 lalu, Elly Toisuta masih berpeluang menduduki kursi pimpinan DPRD yang telah dibiarkan kosong selama 2 tahun lebih, saat meninggalnya almarhum Hi Husen Toisuta.
Sehari sebelum dilantik, Elly sempat digugat oleh Max Pattiapon, yang menolak SK DPP Golkar Nomor 906. Hingga kemudian, keduanya harus menjalani persidangan di Mahkamah Partai (MP) Golkar selama lebih dari 3 bulan.
Dan dalam sidang tersebut, gugatan Max Pattiapon dikabulkan MP Golkar. MP menginstruksikan agar Max Pattiapon ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD Ambon berdasarkan keputusan Rapimnas V Partai Golkar tahun 2013 sesuai persetujuan DPP.

Max Pattiapon dinilai layak karena pernah menjadi Ketua Harian Golkar Kota Ambon dan sudah menjadi anggota DPRD dua periode. Namun nasib berkata lain, ketika tiga nama tersebut dikirimkan ke DPP, DPP menyetujui dan menandatangani SK atas nama Elly Toisuta untuk dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Ambon menggantikan almarhum Hi Husen Toisuta. (ISL)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!