Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Gandeng Ormas-OKP – Ambon Ekspres
Politik

Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Gandeng Ormas-OKP

Ketua Bawaslu Maluku Abdulah Ely

AMEKS ONLINE, AMBON.–Jelang Pilkada serentak 2018, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku bekerja sama dengan lembaga dan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan untuk pengawasan partisipatif.

Ketua Bawaslu Maluku Abdulah Ely mengatakan, meski sebagai lembaga pengawasan, namun pihaknya perlu bekerja sama dengan berbagai organisasi dalam bentuk suatu kesepakatan penandatangan sebagai kekuatan hukum. Ini penting, karena jumlah komisioner Bawaslu dan Panwaslu yang minim.

“Saya kira, semakin banyak orang yang mengawas dalam pengawasan partisipatif ini, maka itu semakin membantu Bawaslu dan jajarannya dalam fungsi pengawasan, sehingga lebih menjamin kualitas demokrasi saat pemilihan nanti,” ujar Abdulah kepada Ambon Ekspres, Minggu (29/10).

Dikatakan, kerjasama ini hanya dengan organisasi nasional di Maluku yang memiliki kepengurusan di tingkat provinsi hingga kecamatan, termasuk juga KNPI, pramuka dan beberapa LSM.

Abdulah mengakui, sebagian besar organisasi (OKP) sudah menadantangani kesepakatan tersebut. Lainnya masih menunggu koordinasi. “Sudah sebagian besar yang melakukan penandatanganan dengan Bawaslu. Dan sebagiannya lagi yang belum, karena masih berkonsultasi dengan pimpinannya di tingkat wilayah terlebuh dahulu,” tandasnya.

Diakuinya, peran dan fungsi dari pengawasan partisipatif adalah, ketika pada saatnya pengurus organisasi tingkat provinsi akan turun ke kabupaten/kota untuk melakukan sosialisasi terkait pengawasan partisipatif. Sosialisasi akan menghadirkan pemateri dari Bawaslu dan juga pimpinan OKP tingkat provinsi. “Mereka yang sudah termasuk dalam pengawasan partisipatif ini, nantinya kegiatan sosialisasi ke kabupaten/kota, akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang ada. Dan melibatkan pemateri dari kedua unsur ini,” ungkapnya.

Sekretaris Komisi A DPRD Maluku Raad Rumfot menambahkan, kerja sama Bawaslu dengan berbagai elemen untuk pengawasan partisipatif jelang pilkada 2018 sangat penting. “Bagi saya ini langkah yang bagus. Harusnya Bawaslu melakukan kerjasama seperti ini. Karena dengan berperannya lembaga-lembaga ini bisa membantu mereka dalam fungsi pengawasan pilkada nanti,” singkatnya. (WHB)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!