Maluku Sangat Aman – Ambon Ekspres
Amboina

Maluku Sangat Aman

Ilustrasi (Foto: Net)

AMEKS ONLINE, AMBON.–Maluku merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan pilkada gubernur, bupati dan walikota pada 2018 mendatang. Dari seluruh daerah dan provinsi di Indonesia, situasi dan kondisi keamanan Maluku, tak bisa diragukan lagi.

Kepala Biro Penerangan (Karo Penmas) Divhumas Polri, Brigjen Polisi Rikwanto mengatakan, meski akan melaksanakan pilkada, Maluku merupakan daerah yang paling siap, dan aman dari seluruh daerah di Indonesia. “Maluku ini kondusif, aman, tidak ada hal-hal yang menonjol disini. Wilayahnya luas. Daerah yang paling siap, untuk melaksanakan Pilkada 2018. Kemudian dengan situasi ini, maka perlu dan harus ditingkatkan,” kata Rikwanto kepada wartawan di Mapolda Maluku, Selasa (31/10).

Meski aman dan siap dalam pelaksanaan Pilkada, kata dia, Maluku masih membutuhkan banyak hal, terutama sarana transportasi perhubungan antara satu pulau dengan pulau lainnya. “Maluku beda dengan Jawa, Kalimantan, Papua dan Sulawesi. Butuh koneksi sarana laut atau kapal-kapal, yang bisa menjadi penghubung antar wilayah di Maluku. Terutama kaitannya dengan pergeseran pasukan,” tutur dia.

Menurut Rikwanto, meski Maluku merupakan daerah yang aman, namun tetap mendapatkan perhatian serius dari pemerintah pusat. Hal itu karena salah satu peserta yang akan bertarung dalam Pilkada Gubernur 2018 mendatang adalah Komandan Korps Brimob Polri, Irjen Polisi Murad Ismail. “Kita kesini (Maluku) untuk memberikan arahan kepada pejabat utama, dan perwakilan dari beberapa fungsi terkait, yang disampaikan itu soal treanding topic nasional, seperti masalah hate speecht, kemudian Pilkada 2018 dan 2019. Maluku tetap mendapatkan perhatian, apalagi ada beberapa calon termasuk di Maluku sendiri salah satunya personil polri yakni Dankorps Brimob,” jelas dia.

Juru bicara Polri ini mengungkapkan, Polda Maluku juga telah memiliki kesiapan yang baik dalam melaksanakan pengamanan Pilkada 2018 dan 2019. Kesiapan itu, harus dilakukan sejak dini, sebelum pentahapan pilkada berjalan. “Calon yang berasal dari Polri harus mundur bila sudah mendaftar. Polisi juga harus netral untuk mengamankan pilkada, termasuk netral dalam menghadapi calon yang berasal dari kepolisian seperti pak Murad di Maluku, Paulus Waterpauw di Papua, Anton Charlian di Jawa Barat dan Safruddin di Kalimantan,” bebernya.
Tak hanya itu, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini, kembali menegaskan bahwa seluruh personil Polri di

Maluku, tetap akan berada pada posisi netral, dalam menghadapi Pilkada 2018. “Polri memiliki komitmen yang jelas, bahwa tetap netral, independen dan tidak akan memihak kepada siapapun calon meski calon tersebut, berasal dari kalangan Polri. Mereka (calon dari Polri) harus mundur dari Polri, ketika sudah mendaftar sebagai calon. Komitmen Polri harus netral,” tegas dia.

Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Abner Richard Tatuh mengatakan, meski Maluku sebagai daerah yang aman dan siap dalam melaksanakan pilkada, namun pihaknya terus meningkatkan pengamanan. “Kita harus bersyukur bahwa kita (Maluku), merupakan daerah yang paling aman. Nah, walaupun dengan kondisi keamanan itu, tetapi bukan berarti kita (polisi), tidak melaksanakan pengamanan. Pengamanan kita lakukan seperti biasannya. Bahkan lebih kita intensifkan lagi, sehingga Maluku ini, benar-benar aman,” kata dia.

Peningkatan pengamanan, lanjut dia, mengingat situasi kondisi keamanan itu sifatnya relatif. Dalam artian kapan saja bisa terjadi gejolak. Namun yang hal paling diutamakan adalah upaya pencegahan. “Nah itulah yang kita lakukan selama ini, sehingga yang menjadi harapan dari Presiden dan dan pimpinan, dapat kita wujudkan yakni pilkada yang aman, damai dan personil Polri tetap netral, walaupun ada pejabat Polri yang akan maju dalam pilkada nanti. Polri jelas dalam berkomitmen yakni netral dan siap mewujudkan Pilkada Maluku yang aman, damai sehingga melahirkan pemimpin yang berkualitas bagi daerah ini,” pungkasnya. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!