Monardo Jabat Pangdam Siliwangi – Ambon Ekspres
Berita Utama

Monardo Jabat Pangdam Siliwangi

AMEKS ONLINE, AMBON.–Markas besar (Mabes) TNI, akhirnya melakukan rotasi terhadap seluruh perwira tinggi di jajaran TNI AD. Salah satu dari rotasi perwira tinggi itu yakni Pangdam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Doni Monardo.

Informasi koran ini, Mayjen Doni yang sudah lebih dari dua tahun menjabat Pangdam XVI/Pattimura bakal menduduki jabatan baru sebagai Pangdam III/Siliwangi. Dia menggantikan Mayjen TNI Mohammad Herindra. “Sudah ada surat keputusan atau Skep dari Mabes, terkait pergantian pangdam. Pak Pangdam Pattimura akan pindah menjadi Pangdam Siliwangi,” kata sumber ini, yang tak menyebutkan namanya.

Menurut dia, keputusan dari Mabes TNI itu, untuk pergantian jabatan Pangdam XVI/Pattimura, sudah keluar sejak akhir pekan. Namun baru diketahui pada Senin 30 Oktober kemarin. “Penggantinya orang intel, mantan Kabinda Kalimantan Selatan. Skep mutasi itu tertanggal 27 Oktober,” jelas dia.

Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Kolonel Arm Sarkistan Sihaloho yang dikonfirmasi membenarkan adanya pengantian Pangdam. Pergantian Pangdam, kata dia, merupakan hal yang biasa dalam rangka penyegaran roda organisasi di jajaran TNI AD, maupun sebagai penghargaan atas kesuksesan prajurit yang telah melaksanakan tugas disuatu teritori. “Ada mutasi dari Mabes, dan memang pak Pangdam kita, diganti oleh Mayjen TNI Suko Pranoto. Skepnya sudah keluar sejak kemarin dan sudah diterima. Pak Doni, menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi,” kata dia, saat dihubungi, Selasa (31/10) kemarin.

Silaholo mengaku, berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI, Nomor Kep/836/X/2017, menyebutkan pengangkatan dan pemberhentian dalam jabatan dilingkungan TNI telah ditetapkan mutasi jabatan puluhan perwira TNI. Sementara Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menempati urutan ke 11 menggantikan Mayjen Mohammad Herindra, sebagai Pangdam III/Siliwangi. “Skep sudah keluar. Kita tinggal menunggu saja waktu serahterima jabatan, yang nantinya akan berlangsung di Mabes TNI AD,” jelas dia.

Serahterima jabatan itu, lanjut dia, merupakan kewenangan dari pimpinan di Mabes TNI. Namun, dia mengaku, sertijab belum dipastikan kapan akan dilaksanakan. Saat ini, jajaran TNI AD masih melaksanakan event besar yakni lomba ton tangkas yang diikuti oleh seluruh kodam dan satuan yang ada di Indonesia. “Kita belum bisa pastikan apakah dalam waktu dekat atau sesuai dengan Skep, yakni dua pekan setelah Skep itu keluar. Kenapa ? Karena saat ini masih ada kegiatan ton tangkas. Namun semua itu tergantung pimpinan kita. Pak Doni sendiri saat ini masih mengikuti rapat di Mabes TNI,” terangnya.

Sihaloho mengungkapkan, Mayjen TNI Suko Pranoto, merupakan alumnus Akabri 1987, yang kini menjabat sebagai Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Danpuspenerbad) Mabes TNI. “Beliau (Mayjen Suko Pranoto), merupakan perwira TNI, yang selama ini berkecimpung di dunia intelejen. Sebelum menjabat sebagai Danpuspenerbad, beliau adalan Kabinda Kalimantan Selatan dan Asintel Kasdam Jaya,” bebernya.

Mutasi ini turut dirasakan kehilangan berbagai pihak. Pasalnya, Monardo dikenal dekat dengan masyarakat di daerah ini. “Jujur kita sangat kehilangan sosok beliau. Mayjen Doni, sangat mencintai Maluku dari orang Maluku sendiri. Bisa kita lihat dari bagaimana beliau menggunakan pendekatan budaya daerah, dekat dengan masyarakat.

Mendamaikan masyarakat yang lama hidup konflik. Kemudian banyak hal termasuk kemajuan daerah ini, tidak terlepas dari perjuangan dan campur tangan beliau,” tutur ustad Arsal Tuasikal, salah satu tokoh agama di Maluku.

Dia berharap, apa yang telah dilakukan Mayjen Doni dapat diteruskan Mayjen TNI Suko Pranoto. Baik itu program emas biru, emas hijau, maupun program kesejahteraan masyarakat yang telah dirintis selama ini. “Bukan saja itu, tetapi wujud dari TNI Rakyat, kemudian soliditas antara TNI, Polri, masyarakat dan alam semesta juga dilanjutkan.

Kami juga berdoa semoga pak Doni, setelah ini bisa menjadi petinggi militer dibangsa ini,” tutup pengurus MUI Maluku itu. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!