Peringati Hari Sumpah Pemuda, BUMN hadir di Unpatti – Ambon Ekspres
Pendidikan

Peringati Hari Sumpah Pemuda, BUMN hadir di Unpatti

AMEKS ONLINE, AMBON.–Dengan tema ‘BUMN Hadir Untuk Negeri”, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentunya harus terus bekerja keras untuk membenahi bangsa. Untuk itu,  berbagai kegiatan digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kali ini,  Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon,  mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan acara tersebut, di Aula Rektorat Unpatti, pada Sabtu, (28/10) kemarin.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis, Kementerian BUMN, Hambra Samal bersama rombongan hadir di kampus bertatap muka bersama ribuan mahasiswa  di Auditorium Unpatti dan ini merupakan salah satu bagian dari program Kementrian BUMN.

Dalam pertemuan itu, PT.Semen Indonesia (Persero)Tbk, yang bersinergi dengan enam BUMN yakni, PT.Adhi Karya, PT.Periknus, PT.Perindo, PT.Jakarta Loyd, PT.Abipraya dan PT.KBN juga turut hadir.

BUMN hadir di kampus dikemas dengan diskusi dan kuliah umum. Selain Deputi, hadir pula Tri Abdisatrijo Direktur Enginering dan Proyek PT.Semen Indonesia serta Direktur Utama beberapa BUMN.

Hambra Samal mengatakan, kegiatan BUMN hadir di kampus ini diselenggarakan serentak di 28 perguruan tinggi di Indonesia bertepatan dengan peringatan hari sumpah pemuda. Tujuan digelarnya kegiatan ini yakni untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional serta peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional.

“Mereka menjadi tujuan kegiatan, karena para mahasiswa diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, bangsa yang adil, makmur serta sejahtera. Selain itu, kami ingin para mahasiswa lebih mengenal BUMN, memahami peran, visi dan misi BUMN menjadi bagian dari program-program BUMN ke depan, tutur Samal,” ucap Hambra kepada para wartawan usai kegiatan.

Dia berharap, pihaknya dapat kembali menyentuh dunia pendidikan yang difokuskan pada studi perkuliahan di Kota Ambon guna mengenal lebih dekat dunia BUMN.

Sementara itu, Abdisatrijo menambahkan, selain mengajar dan berdiskusi dengan dosen dan mahasiswa, pada kegiatan ini, PT.Semen Indonesia (Persero)Tbk dan Unpatti menandatangai nota kesepahaman (MoU) terkait kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas SDM.

Lebih lanjut dijelaskannya, dengan digelarnya kegiatan ini, perusahaan BUMN dan perguruan tinggi senantiasa dapat melakukan kerjasama yang bersifat mutualisme. Peran positif dari perusahaan kepada perguruan tinggi, diharapkan dapat memberi dampak yang positif juga dalam pengembangan keilmuan bagi mahasiswa. Dalam kegiatan “BUMN Hadir Di Kampus” ini, Semen Indonesia juga memberikan bantuan senilai Rp.150juta, serta gabungan enam BUMN memberikan bantuan senilai Rp.450juta. Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan di Unpatti. Selain itu, gabungan tujuh BUMN ini juga memberikan bantuan berupa beasiswa kepada 40 siswa berprestasi, bantuan Laptop serta bantuan operasional kendaraan roda dua.

Hadir dalam kegiatan ini selain Deputi, ketujuh Direktur BUMN juga Rektor Unpatti M.J.Saptenno. Peringati hari Sumpah Pemuda tahun ini oleh BUMN di Unpatti, dihadiri ribuan mahasiswa bahkan melebihi perkiraan yang ditargetkan. Nyatanya antusias mahasiswa terhadap apa itu BUMN menghadirkan mereka untuk menambah pengetahuan. (M6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!