Assagaff : Rekomendasi Demokrat ke Saya – Ambon Ekspres
Politik

Assagaff : Rekomendasi Demokrat ke Saya

AMEKS ONLINE, AMBON.—Selain Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Golkar, petahana bakal calon Gubernur Maluku, Said Assagaff mengaku telah mendapat rekomendasi Partai Demokrat. Dia juga masih berharap rekomendasi PDI Perjuangan.

“Untuk PKS dan Demokrat, saya tinggal menunggu. Pada rapat-rapat tingkat atas (pimpinan dan DPP), kan sudah diputuskan rekomendasi kepada saya. Mau itu PKS atau Demokrat, sudah diputuskan untuk saya. Makanya wakil ini tunggu dari atas,” ujar Assagaff kepada wartawan di IAIN Imam Rijali Ambon, Jumat (3/11).

Namun, Ketua DPD Partai Golkar Maluku itu belum mengetahui kepastian penyerahan rekomendasi. “Tanggal 5 (November) besok, belum tahu. Wartawan harus berdoa saja jika benar informasi itu. Kita tunggu, tapi untuk diputuskan sudah ke saya, terimanya yang belum,” timpalnya.

Soal PDIP, Assagaff mengaku, komunikasi berjalan baik. Tetapi dia menampik, informasi bahwa DPP PDIP telah memintanya menghadap untuk menerima rekomendasi. “Dipanggil PDIP? Kan sudah saya sampaikan, bahwa sampai saat ini, komunikasi saya dengan seluruh partai berjalan dengan baik. Termasuk PDIP. Namun soal itu (rekomendasi) nanti,” imbuhnya.

Dikonfirmasi Ambon Ekspres, Ketua Komisi Pemenangan Pemilu (KPP) DPD Demokrat Maluku Max Marcel Sahusilawane mengatakan, pihaknya tidak berwenang lagi untuk membicarkan arah rekomendasi. Dia juga mengaku, belum mengetahui informasi tersebut. “Saya tidak tahu. Sudah di tangan DPP. Jadi, kita ambil posisi diam saja. Kita serahkan saja ke DPP, dan tunggu keputusannya seperti nanti,” kata Sahusilawane.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Maluku, Asis Sangkala mengatakan, penyerahan SK disesuaikan dengan waktu Assagaff. Namun, yang pasti akan diserahkan dalam bulan ini. “Saya masih cek terus. Tapi, karena pak gubernur juga agenda di Maluku masih padat jadi kami menyesuaikan dulu saja,” singkat Sangkala.
BELUM TENTUKAN WAKIL

Diberitakan sebelumnya, DPP Partai Golkar telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kepada Said Assagaff dan Anderias Rentanubun sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2018 – 2023. SK dengan Nomor R-480/GOLKAR/X/2017 yang ditanda tangani Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Setya Novanto dan Idrus Marham itu, diserahkan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Timur (Maluku, Papua, Papua Barat) DPP Partai Golkar, Aziz Samual kepada Said-Andre di kantor DPP Golkar, Jumat (27/10).

Samual menyatakan, pilihan ke Said – Andre telah dipertimbangkan dengan matang atas beberapa faktor. Terutama hasil survei pasangan ini yang tinggi, daripada kandidat lainnya. “Pasangan ini dalam kaca mata politik Partai Golkar, mudah-mudahan setengah putaran. Karena dua-duanya survei tertinggi. Jadi, sudah siap bertarung,” jelasnya.

Namun, saat dikonfirmasi, Assagaff mengaku belum memutuskan wakil. Dia punya dua pilihan figur, yakni Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun dan Ketua DPRD Maluku yang juga Ketua DPD PDIP Maluku, Edwin Adrian Huwae. “Wakil kan saya bilang, ada dua nama yakni pak Edwin Huwae dan pak Anderias Rentanubun. Sampai sekrang belum final atau belum saya putuskan siapa wakil saya,” tegas Assagaff.

Selain hak Assagaff selaku bakal calon gubernur, penentuan wakil juga ditentukan oleh partai politik pengusung. ”Nanti akan ada pembahasan ditingkat atas juga atau di level pimpinan partai pengusung,” kata dia.
(AHA/TAB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!