Tidak diakui Unidar Tulehu oleh Kopertis Wilayah XII Maluku –Papua – Ambon Ekspres
Pendidikan

Tidak diakui Unidar Tulehu oleh Kopertis Wilayah XII Maluku –Papua

AMEKS ONLINE, AMBON.–Pasca pelantikan Ibrahim Ohorella menjadi Rektor Universitas Darussalam Ambon di Tulehu pada 30 Oktober lalu, membuat Kepala Koordinator Kopertis Wilayah XII Maluku–Papua, Dr. Muhammad Bugis M.Si angkat bicara. Dia mengaku, bahwa Universitas Darussalam yang di kelola oleh Yayasan Pendidikan Darussalam Maluku yang berlokasi di Tulehu adalah Illegal. Karena berdasarkan Kepmen Nomor 491 tahun 2016, yang menyatakan yang berhak mengelola Unidar Maluku adalah Yayasan Darussalam Maluku yang berlokasi di Wara Air kuning.

“Tidak mengakui Dr.Ibrahim Ohorella selaku Rektor Universitas Darussalam Ambon yang berlokasi di Tulehu. Dan semua dosen DPK yang masih di Universitas Darussalam versi Yayasan Pendidikan Darussalam wajib melaporkan diri untuk menyatu dengan Universitas Darussalam yang berlokasi di Wara Air kuning, yang di kelola oleh Yayasan Darussalam Maluku,” ucapnya kepada Ambon Ekspres diruang kerjanya, Rabu, (1/11).

Dikatakan, selain itu juga, diperkuat dengan keputusan MA No.2860 tahun 2016. Yang menegaskan bahwa, menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh Yayasan Pendidikan Darussalam Maluku. Dan diperintahkan untuk melakukan eksekusi di Universitas Darussalam yang berlokasi di Tulehu.

“Disamping itu juga, berdasarkan keputusan MA nomor  2860 tahun 2016 serta surat keputusan nomor 491, saya menyurati Ibrahim Ohorella pada 15 Mei 2017, yang dalam isi surat tersebut mengatakan, Unidar yang dipimpin oleh Ibrahim Ohorella dilarang menerima mahasiswa baru dalam bentuk apapun juga,” ungkapnya.

Lanjut, dikatakan, selang beberapa hari, datang surat Direktur Pembinaan kelembagaan Pendidikan Tinggi. Yang menyatakan, bahwa yang sah disini secara hukum adalah Yayasan Darussalam Maluku yang berlokasi di Wara Air kuning. (M6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!