Premium Sering Kosong di SPBU – Ambon Ekspres
Ekonomi

Premium Sering Kosong di SPBU

AMEKS ONLINE, AMBON.–Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium semakin sulit ditemukan di SPBU Kota Ambon. Hal ini membuat masyarakat pengendara kendaraan roda dua dan empat mengeluh.

Mereka kesal karena terpaksa beralih membeli ke BBM jenis pertalite yang harganya lebih mahal.
Kelangkaan BBM jenis premium di SPBU ini sudah dirasakan oleh pengendara roda dua sejak beberapa waktu terakhir.

Ongen (48), warga Kudamati, Kota Ambon, salah seorang pengendara sepeda motor mengaku sangat kecewa atas kelangkaan premium. Dia mengatakan, hampir setiap hari di SPBU yang ada di Ambon BBM jenis premium selalu kosong. “Aneh juga, hampir setiap hari premium kosong.

Akhirnya saya terpaksa mengisi pertalite walau harganya lebih mahal. Mau tidak mau saya harus beralih ke pertalite. Tapi yang buat saya heran, kenapa premium ada dijual kios eceran,” ungkapnya kepada Ambon Ekspres di SPBU Soabali, Senin (6/11).

Dia berharap pemerintah agar dapat mengantisipasi kelangkaan premiun di SPBU dan memantau agar SPBU tidak sembarangan melakukan pegisian kepada pengguna jerigen. “Sisa kan juga buat kami pengendara roda dua. Jangan pula diisikan semuanya kepada pembeli yang menggunakan jerigen,’’ keluhnya.

Kepala PT Pertamina Cabang Ambon, Tiara Thesaufi saat dikonfirmasi koran ini mengatakan, BBM jenis premium cepat kosong (habis) karena saat ini sarfas (sarana dan fasilitas) harus terbagi untuk 5 jenis BBM lainnya. “Mengenai cepat habis BBM jenis premium, karena telah tersedianya BBM jenis baru pertalite dan dexlite. Sehingga sarfas harus terbagi dimana selama ini hanya ada premium dan solar sekarang terbagi 5 (solar, premium, pertamax, pertalite dan dexlita),” katanya.

Tiara menjelaskan, saat ini BBM jenis premium sebenarnya tidak cocok lagi untuk kendaraan-kendaraan terbaru yang diprodukti saat ini. ‘’Mengapa ? Karena mensin-mesin kendaraan tersebut (roda 2 dan 4) diproduksi untuk menggunakan bahan bakar beroktan tinggi,’’ kata dia.

Dia menambahkan, premium merupakan produk BBM bersifat penugasan. Jadi tidak boleh ditiadakan. Pulau Ambon punya 8 SPBU. Kalau salah satu kosong, bukan berarti semua SPBU kosong. Setiap hari dilakukan penyaluran. “Premium akan tetap dijual, selama ada penugasan dari pemerintah. Dan itu berlaku untuk wilayah non JAMALI (Jawa, Madura dan Bali). Untuk mengetahui jenis bahan bakar apa yg harus dan cocok dipakai kendaraan yang dimiliki masyarakat adalah dengan cara membaca buku manual kendaraannya. Disitu ada tertera pemakaian jenis bahan bakarnya sehingga masyarakat bisa tahu kebutuhan BBM untuk kendaraan mereka jenis apa,” pungkasnya. (IWU)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!