Isu Non Pribumi tak Goyahkan Assagaff – Ambon Ekspres
Politik

Isu Non Pribumi tak Goyahkan Assagaff

Richard Rahakbauw

AMEKS ONLINE, AMBON.—Isu non pribumi yang dilontarkan Kader Golkar, Asri Asri, dinilai tak menggoyahkan kekuatan Said Assagaff. Ini karena Assagaff sudah berkontribusi positif bagi Maluku. Baik sebelum maupun saat menjabat Gubernur Maluku saat ini.

Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPD Golkar Maluku, Richard Rahakbauw menilai,Asri telah menyalahi aturan tentang larangan menyampaikan anak negeri, atau pribumi dan non pribumi. Rahakbauw menyayangkan pernyataan Asri, yang adalah seorang advokat yang tahu mengenai aturan. “Apa yang disampaikan saudara Asri, sangat tidak tepat. Bahkan ini sudah melanggar aturan, tentang menyampaikan anak negeri, atau pribumi dan non pribumi, yang tidak harus dibicarakan oleh seorang advokat melalui media. Kenapa? Karena dia adalah orang yang paham dengan hukum. Meski demikian, tidak memengaruhi kekuatan Pa Bip,” ujar Rahakbauw kepada wartawan di Kantor DPRD Maluku, Kamis (9/11).

Wakil Ketua DPRD Maluku ini menegaskan, apapun isu yang dimainkan tidak akan mempan untuk menumbangkan Said Assagaff. Ketua DPD Partai Golkar itu diprediksi akan kembali memimpin Maluku.

Prediksi ini didasari elektabilitas Assagaff yang masih tinggi. Selain itu, dia juga dinilai sukses menjadi gubernur. Indikator-indikator inilah, kata RR, yang jadi penilaian masyarakat pemilih. “Tidak lagi yang namanya politik identitas, atau pribumi dan non pribumi. Kita kasih contoh, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, setelah dilantik dalam pidatonya, tentang pribumi dan non pribumi, langsung dilaporkan ke pihak kepolisian. Apalagi ini Maluku. Dan Assagaff adalah anak asli Maluku, yang sudah berkontribusi banyak terhadap daerah ini. Bagi saya ini isu angin saja, karena masyarakat sudah tahu, siapa Said Assagaff,” jelasnya.

Dia menambahkan, Assagaff sudah banyak berkontribusi positif bagi Maluku. Mulai dari sejak masih menjadi PNS biasa, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Sekretaris Daerah (Sekda), Wakil Gubernur mendampingi Karel Albert Ralahalu, hingga gubernur saat ini. “Jabatan sebanyak ini, kemudian dikatakan beliau tidak berkarir pada daerah, itu sangat lucu. Kemudian kalau pak Asri Divinubun bicara bahwa Assagaff tidak berkarir, memangnya dia punya karir apa terhadap Maluku,” tanya Rahakbauw.

Wakil Ketua DPD Golkar Maluku Anos Yermias, yang juga Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu untuk Kabupaten Maluku Barat Baya (MBD), sangat optimis Assagaff terpilih kembali sebagai Gubernur Maluku yang kedua kalinya. “Saya sangat yakin, pak Assagaff akan menangkan pertarungan pilgub nanti. Sehingga, isu yang disampaikan oleh oknum tertentu, hanya sebagai alasan untuk menjatuhkan, tetapi tidak bisa. Kami dari Golkar, maupun partai pengusung akan siap bekerja untuk memenangkan Said Assagaff. Bahkan beliau ini masih disukai oleh masyarakat,” ungkapnya.

Ketua Komisi C DPRD Maluku ini menyatakan, saat Assagaff mencalonkan diri sebagai gubernur tahun 2013, isu tersebut telah disampaikan ke publik oleh orang-orang tertentu. Namun, tidak mempengaruhi tingkat keterpilihan masyarakat kepada Assagaff. “Bagi saya, apapun yang disampaikan, tidak ada pengaruhnya untuk menumbangkan pak Said Assagaff, karena masyarakat masih menyukainya. Dan perlu diingat, isu tersebut sudah berlalu. Jangan lagi bodohi masyarakat dengan isu murahan itu. Assagaff tetap menangkan pertarungan ini,” pungkasnya

Diberitakan salah satu media lokal Maluku, Asri mengatakan, Provinsi Maluku budaya dan adat istiadat yang kuat. Olehnya itu, butuh calon pemimpin putera asli daerah yang mengerti banyak tentang daerah ini. (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!