Kapolri Pimpin HUT Brimob di Ambon – Ambon Ekspres
Berita Utama

Kapolri Pimpin HUT Brimob di Ambon

AMEKS ONLINE, AMBON.—Kapolri Jenderal Polisi Moh Tito Karnavian akan memimpin upacara peringatan HUT Korps Brimob di Kota Ambon, Selasa (14/11) hari ini. Perayaan HUT ke 72 pasukan elit polisi itu, baru pertama kalinya dilaksanakan di Kota Ambon.

Acara ini akan dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan sejumlah pejabat tinggi negara yang telah diundang oleh Korps Brimob Polri. Kegiatan tersebut, tidak ada kaitan dengan politik, meski Komandan Korps Brimob Polri Irjen Polisi Murad Ismail, maju sebagai bakal calon Gubernur Maluku 2018.

Kapolri menegaskan, pelaksanaan HUT Brimob di Kota Ambon, sebagai wujud perhatian Polri terhadap Maluku. Ini mengingat Maluku, merupakan daerah yang sangat strategis bagi Polri dalam mengcover pengamanan diwilayah timur Indonesia.

“Baru pertama kalinya saya (Kapolri), melaksanakan kunjungan kerja di Polda Maluku. Memang sudah beberapa kali saya datang ke Maluku, tapi bukan untuk kunjungan kerja. Kunjungan kerja ini sekaligus sebagai inspektur upacara dalam HUT Korps Brimob besok (hari ini). HUT Korps Brimob di Kota Ambon, tidak ada kaitan apapun dengan situasi politik yang ada. Polisi murni sebagai aparat keamanan,” tegas Tito kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Kapolda Maluku dan jajaran di Mapolda Maluku, Senin (13/11).

Menurut dia, pelaksanaan HUT Brimob di Ambon murni masalah kepentingan pengamanan oleh kepolisian. Kepolisian mendapatkan tanggungjawab oleh negara untuk memelihara keamanan dan ketertiban serta menegakkan hukum. “Ada histori Maluku dengan Korps Brimob, seperti salah satu pahlawan nasional Karel Satsuitubun yang merupakan prajurit Brimob asal Maluku. Kemudian Dankorps juga orang Maluku. Jadi tidak ada hubungannya dengan agenda politik apapun. Saya juga memberikan arahan kepada jajaran polda tidak ada urusan politik apapun,” kata dia.

Sementara itu, penanggungjawab pelaksanaan kegiatan HUT Brimob di Ambon, yang juga Komandan Pasukan (Danpas Pelopor) Korps Brimob Polri, Brigjen Polisi Abdul Rakhman Baso mengatakan, pelaksanaan HUT Brimob di Ambon tidak ada maksud lain.

Rakhman mengatakan, pelaksanaan HUT Brimob di Ambon, sama seperti yang telah dilaksanakan disejumlah daerah yang ada di Indonesia. “Dulu kita pernah laksanakan di Jawa Timur, sebagai bentuk penghargaan kepada Jenderal Mohammad Yasin, sebagai Bapak Brimob. Begitu pun di Purwokerto.

Semua ini karena ada kaitan dengan Brimob. Nah, Maluku, selain Karel Satsuitubun, kebetulan Dankorps Brimob saat ini kan orang Maluku. Polri memberikan penghargaan kepada Maluku, dimana HUT Brimob dilaksanakan di Ambon. Itu saja, tidak ada kepentingan lainnya,” jelas Baso.

Jenderal polisi bintang satu ini mengaku, masyarakat Maluku sudah sangat cerdas dan tidak terpengaruh dengan rumor yang dihembuskan orang-orang tidak bertanggungjawab. “Saya kira rakyat Maluku cerdas kok. Kita ini kepentingan jaga Kamtibmas dan penegakan hukum. Tidak ada kepentingan lain, apalagi politik,” tandas Baso.

Komandan Korps Brimob Polri Irjen Polisi Murad Ismail mengatakan, perayaan HUT Korps Brimob di Kota Ambon, terlahir dari keinginan dirinya ketika menghadap Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin dan mendapat dukungan dari sejumlah pejabat Polri, termasuk kapolri. “Alhamdulilah, ketika saya lapor Wakapolri dan beliau respons baik kemudian dukungan dari para senior, maka HUT langsung kita pindahkan ke Ambon. Persiapannya cuman 10 hari, tetapi yakin sungguh pelaksanaannya akan berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan,” tegas mantan Kapolda Maluku itu, kepada wartawan di Lapangan Letkol CH Tahapary Ambon.

Dia menjelaskan, selain Kapolri, ada juga Panglima TNI, dan para perwira tinggi TNI/Polri, termasuk sejumlah menteri dan pejabat lembaga negara yang telah diundang. “Pak Panglima TNI hadir, karena kita akan berikan gelar kehormatan kepada beliau. Kemudian sejumlah pejabat negara juga hadir.

Prinsipnya kegiatan HUT ini, kita laksanakan di Ambon, sebagai bentuk penghargaan dan perhatian Polri kepada Maluku. Semua peralatan kita datangkan dari Mako Brimob,” bebernya.

GUBERNUR DIPASTIKAN HADIR.
Gubernur Maluku, Said Assagaff menegaskan, dirinya akan hadir di acara HUT Korps Brimob yang berlangsung di Lapangan Letkol CH Tahapary. “Saya tetap hadir sebagai kepala daerah, sekaligus karena saya mendapat undangan. Dan memang kegiatan HUT Brimob di Ambon, tidak ada kaitan dengan unsur politik apapun. Yang ada hanyalah bentuk perhatian dari Mabes Polri kepada masyarakat Maluku, terutama situasi dan kondisi keamanan Maluku,” kata dia, kemarin.

Assagaff bahkan memuji Komandan Korps Brimob yang merupakan putra daerah, karena telah mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Maluku. “HUT ini sesuatu yang sangat luar biasa bagi masyarakat Maluku, terutama dalam membangun semangat anak-anak daerah untuk bermimpi menjadi petinggi TNI/Polri di negera ini, dan bukan saja di TNI/Polri tetapi juga dilembaga negara yang ada. Apalagi HUT Korps Brimob ini baru pertama kalinya di Maluku terutama di Kota Ambon, kita sangat mengapresiasi dan turut mendukung,” pungkasnya. (AHA)

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!