Kejaksaan Fokus Tuntaskan Repo – Ambon Ekspres
Hukum

Kejaksaan Fokus Tuntaskan Repo

AMEKS ONLINE, AMBON.–Penyidikan terhadap perkara dugaan korupsi penjualan dan pembelian surat-surat hutang atau obligasi pada kantor pusat PT Bank Maluku Malut mulai gencar dilakukan. Terakhir, pekan kemarin, tim penyidik melakukan pemeriksaan terhadap Investigator Eksekutif Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat berinisial NH.

“Saya kira perkara tersebut tidak lambat. Hanya saja tim penyidik juga fokus dan prioritaskan untuk perkara-perkara yang sudah ada tersangkanya, seperti kasus terminal transit dan kasus BPJN. Jadi kedepan tim penyidik akan fokus dalam perkara tersebut,” ungkap Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette kepada koran ini diruang kerjanya, Senin (13/11).

Dia menjelaskan, kasus yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 238,5 miliar itu sudah dalam tahap penyidikan. Penyidik akan terus melakukan pemeriksaan saksi ditahap penyidikan, sambil melakukan telaah terhadap Berita Acara Pemeriksaan (BAP) OJK. “Kedepan pula diagendakan pemeriksaan terhadap dua orang saksi yakni mantan Kadiv Treasury Bank Maluku dan Analis Divesis Treasury. Ditahap penyidikan sudah dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi termasuk mantan Direktur Pemasaran Bank Maluku berinisial WP,” jelas Samy.

Dikatakan, Direktur PT Andalan Artha Advisindo (AAA) Sekuritas, Andri Rukminto juga akan dipanggil untuk diperiksa terkait dengan kesepakatan penjualan surat-surat hutang atau obligasi dengan Bank Maluku Malut. “Untuk pihak PT AAA Securitas, sejauh ini belum diperiksa. Akan tetapi tetap diagendakan oleh penyidik. Kasus ini tidak lambat dan penyidik akan fokus untuk penuntasan kasus tersebut,” tandas Samy.

Sebelumnya, penyidik telah memeriksa sejumlah pejabat di Bank Maluku Malut. Diantaranya Direktur Kepatuhan Izack Thenu dan mantan Kepala Devisi Treasury, Edmon C Martinus.

Selain itu, sejumlah mantan pejabat juga pernah diperiksa. Diantaranya mantan Direktur Pemasaran, Wellem Patty dan mantan analis Devisi Treasury Bank Maluku, Christian Tomasoa. (NEL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!