Umumkan Wakil Rakyat Malas – Ambon Ekspres
Berita Utama

Umumkan Wakil Rakyat Malas

Ilustrasi Wakil Rakyat Malas/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.—Badan Kehormatan (BK) DPRD Maluku diminta untuk tidak mengkhianati masyarakat Maluku soal janji mengumumkan nama-nama wakil rakyat malas. Sebab, pengumuman ini sangat penting sebagai efek jerah bagi anggota DPRD yang lain. “Kalau sampai saat ini belum diumumkan, berarti BK sudah mengkhianati pernyataannya sendiri. Kalau ada (anggota DPRD) yang malas, silahkan diumumkan. Jangan didiamkam,” tandas Ketua Walang Aspirasi Rakyat Maluku, Cristian Sea, Senin (13/11).

Menurutnya, BK harus tahu tugas dan tangunggjawabnya dalam mengawasi anggota yang malas berkantor, agar diberikan teguran melalui ketua fraksinya. Jika tidak, maka BK dianggap gagal, karena tidak mampu melaksanakan fungsinya dengan baik. “Saya kira ini tugas mereka. Kalau sebelumnya BK tidak bicarakan, maka publik pun tidak mengetahuinya. Tetapi mereka sudah sampaikan hampir 2 bulan ini mana. Katanya tunggu ketua BK dari Mekkah, sampai sekarang belum ada tindakan apa-apa. Mereka jangan hanya memberikan alasan banyak tugas. Kalau seperti itu, apakah ini juga bukan tugas,” tanya dia.

Anggota BK Everd Herman Karmite mengatakan, BK tetap melaksanakan tugasnya karena tidak ingin dinilai telah membohongi masyarakat. Hanya saja, sampai saat ini belum diumumkan nama-nama anggota malas, karena DPRD masih melaksanakan tugas penting yang tidak bisa ditinggalkan. ‘’ Saya tegaskan kita pasti umumkan kepada publik, tidak bisa tidak. Kami juga akui bahwa sampai saat ini belum diumumkan, karena harus menyelesaikan berbagai tugas kita terlebih dahulu sebagai DPRD. Setelah itu baru kita putuskan,” katanya.

Menurut Ketua Komisi B DPRD Maluku ini, pengumuman nama-nama anggota malas berkantor sangat penting, agar bisa memberikan efek jera kepada yang lain. “Saya kira anggota malas harus diberikan seperti itu, agar bisa terus masuk kantor. Makanya BK merasa penting untuk memperhatikan anggota yang malas. Bahkan kalau nanti ada anggota BK sendiri didalamnya, tetap kita umumkan juga,” jelasnya.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Maluku, Raden Ayu Hindun Hasanussi yang dikonfirmasi mengatakan, sejumlah nama anggota malas berkantor sudah dipegang oleh BK. Tinggal menunggu rapat bersama antara BK, baru diumumkan. “Sejumlah nama sudah kami kantongi untuk diumumkan.

Tinggal menunggu kita kembali ke Ambon, baru akan dilakukan pertemuan internal, untuk membicarakan masalah ini. Karena hampir sebagian komisi saat ini masih diluar daerah, melaksanakan tugas. Intinya tunggu saja, setelah kita kembali nanti ,” ungkapnya. (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!