Kursi DPRD Tidak Bertambah – Ambon Ekspres
Politik

Kursi DPRD Tidak Bertambah

AMEKS ONLINE, AMBON.—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi memastikan, jumlaah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi Maluku dan kabupaten/kota, tidak bertambah untuk pemilu 2019. Hanya saja ada pergeseran kursi berdasarkan daerah pemilihan (Dapil).

“Saya kira ini informasi yang paling penting terkait penambahan kursi, dimana untuk kita di Maluku tidak ada penambahan,”jelas Komisioner KPU Maluku, La Alwi kepada Ambon Ekspres, disela rapat pembahasan DIM, substansi materi dan evaluasi perubahan jumlah penduduk dan wilayah, serta pemetaan daerah pemilihan kabupaten/kota pada salasatu Hotel di Ambon, Rabu, 15/11).

Jumlah kursi DPRD Provinis Maluku pada pemilu 2014 sebanyak 45. Sedangkan Kota Tual 20, kabupaten Maluku Tenggara 25 kursi, Maluku Tenggara Barat 25 kursi, Buru Selatan 20 kursi, Maluku Tengah 40 kursi, Seram Bagian Barat 30 kursi, Seram Bagian Timur 25 kursi, Kepulauan aru 25 kursi, kota Ambon 35 kursi, Maluku Barat Daya 20 kursi dan Buru 25 kursi.

Dia menambahkan, yang kemungkinan bertambah atau berkurang, hanya jumlah kursi dari masing-masing daerah pemilihan. Ini sangat tergantung dari jumlah pemilih.
“Yang ada hanyalah pergeseran atau komposisi kursi pada tiap-tiap dapil yang tadinya misalkan 9 kursi, bisa ditambah. Atau sebaliknya dikurangi,”jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, dihadiri KPU Sebelas Kabupaten/Kota di Maluku. Tujuannya untuk menyampaikan jumlah dapilnya di daerah masing-masing.
“Kita mengundang semua KPU Kabupaten/Kota di Maluku, untuk meminta mereka sampaikan berapa jumlah dapil di wilayahnya masing-masing. Ini sangat penting untuk diketahui,” katanya.

Sesuai jadwal lanjut dia, KPU Kabupaten/Kota selambat-lambatnyaa mengusulkan jumlah dapil di daerah masing-masing kepada KPU Provinsi pada Desember 2017. Yang kemudian dilanjutkan ke KPU RI, dan KPU RI akan menyerahkan kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk ditetapkan.

“Setelah ini, teman-teman KPU kabupaten/kota sudah harus menyiapkan rancangan jumlah dapilnya untuk diserahkan kepada kami, untuk dilanjutkan lagi ke KPU RI maupun Kemendagri. Penentuan dapil sangat penting, sehingga harus disipakan dari sekarang,”ungkapnya (WHB).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!