Jaksa Menanti Hasil Audit BPK – Ambon Ekspres
Hukum

Jaksa Menanti Hasil Audit BPK

Ilustrasi Audit BPK/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.—Pemeriksaan saksi telah selesai, penyidik masih menunggu hasil perhitungan kerugian keuangan Negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Maluku terkait dugaan korupsi proyek pembangunan terminal transit tipe B di Desa Passo, kecamatan Baguala, Kota Ambon.
“Untuk pemeriksaan saksi maupun tersangka sudah cukup.

Sementara penyidik masih terus berkoordinasi dengan BPK untuk percepatan perhitungan kerugian keuangan Negara,” ungkap Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis, (16/11).

Dalam perhitungan kerugian keuangan Negara dalam proyek bernilai Rp54 miliar itu ada terjadi perbedaan pandangan antara penyidik dan BPK, yang sebelumnya oleh penyidik ditemukan adanya indikasi kekurangan volume dalam pelaksanaan proyek tersebut. Sementara oleh BPK mereka lebih mencurigai adanya mark-up.

“Ini yang masih terus dikoordinasikan, dan harapan perhitungan kerugian keuangan Negara secepatnya dituntaskan, dan berkas ketiga tersangka dalam perkara ini segera disidangkan,” ujar Samy.

Ketiga tersangka dalam perkara ini yakni, Mantan Kadis Perhubungan Kota Ambon, AU yang dalam proyek ini bertindak sebagai PPTK untuk tahun 2008 dan 2009, Direktur PT Reminal Utama Sakti, AGL, dan Konsultan Pengawas dari CV. Jasa Intan Mandiri, JLM. “belum ada penambahan tersangka, sejauh ini baru tiga orang,” singkat samy.

Mega Proyek terminal transit Passo tipe B di desa Passo, Kecamtan Baguala, Kota Ambon sangat disayangkan. Selain belum difungsikan hingga kini, proyek bernilai Rp. 55 miliar itu ternyata kontruksinya amburadul. (NEL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!