Bangunan Tua Runtuh – Ambon Ekspres
Amboina

Bangunan Tua Runtuh

SAHDAN FABANYO/AMEKS BANGUNAN ROBOH : Salah satu bangunan tua yang terletak di Jalan Sam Ratulangi, Jumat (17/11) runtuh.Tampak polisi dan Masyarakat sedang menyaksikan puing-puing bangunan yang berserakan.

AMEKS ONLINE, AMBON.—La Idi sebagai wiraswasta beralamat Desa Batu Merah ini nyaris tewas tertimpah reruntuhan bangunan tua tak berpenghuni, Jumat, (17/11), kemarin.

Bangunan dengan konstruksi dua lantai itu tepatnya di Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Hunipopu, Kecamatan Sirimau.

Beruntung, pembeli dan penjual emas diemparan jalan di dekat lokasi kejadian (TKP) cepat menghindar setelah mencurigai bangunan akan anjlok.

Satu unit mobil plat merah milik Bank Indonesia (BI) parkir disekitar lokasi kejadian juga ikut dihantam rerentuhan bangunan. Pantauan di TKP dan informasi diperoleh dari warga sekitar gedung tersebut dibangun sekitar 30 tahun silam. Fisik bangunan pada lantai dua dasarnya terbuat dari papan dan didasar menggunakan semen dan pasir. Kayu penyangga dasar lantai (dua) juga sudah lapuk.” Bangunan ini ada beta (saya) masih kecil-kecil sekali,” ungkap salah satu warga di lokasi kejadian, kemarin.

La Idi wiraswasta pembeli sekalian (timbang) emas ini menerangkan bahwa saat itu dirinya sedang melakukan aktifitas diemperan trotaor di sekitar TKP.

Dikisahkan La Idi sebelum kejadian, dirinya melihat batu kerikil kecil berjatuhan dari atas bangunan dan mendengar bunyi yang mencurigan dari arah bangunan. Saat itu pula ia bersama beberapa rekannya langsung bergegas dari depan bangunan itu.

Hanya selang beberapa menit kemudian sontak dasar lantai (dua) bangunan anjlok. Ia dan rekan-rekanya langsung lari meninggalkan lapak jualan. Dan serentak bangunan roboh ke arah jalan raya dan menutupi sebagian badan jalan.

” Sebelum kejdian, ada perasaan tidak enak. Ada krikil yang jatuh dari atas kemudian bunyi-bunyi.Saya, kebetulan tadi bersama teman-teman langsung berpindah. Nah, tidak lama dasar lantai dan dinding jatuh dari atas ke jalan. Tadi kalau kejadian pas turun jumatan, pasti ada korban,” kata La Idi.

Beberapa saat sekira pukul 14.45 Personil Polsek Sirimau dipimpin Kapolsek AKP Emus Minanlarat tiba di TKP.Setelah dilakukan koordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Ambon, langsung dikerahkan dua unit Mobil Damkar milik Pemkot ke TKP untuk melakukan pembersihan material bagunan, sekaligus merobohkan sisa material bangunan dianggap sewaktu waktu dapat membahayakan penguna jalan.

Kejadian ini juga sempat memantik perhatian warga saat melintasi di sekitaran TKP untuk melihat dari dekat.

Kapolsek Sirimau memastikan pemilik bangunan ini tidak berada di Ambon.” Yang punya bangunan ini orang Cina dan posisinya di Tual (Maluku Tengara,” katanya singkat. (ERM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!