Besok, Gubernur Buka Pesparawi – Ambon Ekspres
Berita Utama

Besok, Gubernur Buka Pesparawi

AMEKS ONLINE, AMBON.—Diagendakan Minggu, (19/11), besok, Gubernur Maluku, Said Assagaff akan membuka secara resmi Penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-X tingkat Provinsi, di Piru, Kabupaten, Seram Bagian Barat (SBB).

Perhelatan yang melibatkan utusan 11 kabupaten/kota di Maluku itu, secara fisik infrastruktur telah siap 100 persen. “Acara pembukaan dimulai dengan Ibadah yang berlangsung pukul 16.30 Wit. Setelah itu masuk dengan acara pembukaan oleh Gubernur,” jelas Kabag Humas Kabupaten SBB, Jhon Thaberima, kepada Ambon Ekspres via selulernya, kemarin.

Untuk Kontingen, kata dia sudah diregistrasi yang datang dari 11 kabupaten/kota di Maluku.
“Untuk sementara belum semua kontingen yang hadir. Panitia masih terus menunggu kehadiran kontingen lain, dan kami maksimalkan di Pembukaan nanti agar semua kontingen sudah hadir,” ujarnya.

Diakuinya semua komponen warga SBB memberikan dukungan penuh termasuk komponen Warga Muslim Kabupaten SBB.
Tokoh masyarakat SBB Ali Rahman kepada koran ini mengaku bangga dengan iven yang berlangsung di SBB tersebut.

Dia berharap SBB tampil sebagai juara umum. Untuk itu warga SBB harus memberikan motivasi kepada peserta Pesparawi asal SBB. Karena dari sepuluh Kabupaten/Kota lainnya juga berambisi untuk menjadi juara yang sama. Bahkan seluruh pesertannyapun telah dipersiapkan secara matang.
“Kegiatan kerohanian Pesparawi ini, kan sama halnya dengan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Dimana setiap Kabupaten/Kota, tetap berambisi keluar sebagai juara umum. Nah kali ini tuan rumah SBB, harus bisa mendapatkan target itu,” katanya.

Menurutnya, warga muslim SBB siap menyukseskan kegiatan tersebut. Karena yang dilihat tidak hanya sekedar kegiatan, namun yang terpenting rasa kebersamaan dalam menjaga dan meningkatkan persaudaraan yang lebih kokoh antar umat beragama, baik Maluku maupun SBB secara keseluruhan.
“Bagi kami momentum Pesparawi bukan hanya sekedar kegiatan biasa, tetapi harus mengambil hikmah dari kegiatan ini, terutama dalam menjaga dan meningkatkan hubungan persaudaraan antara umat Agama, agar disatupadukan. Itu yang terpenting,” paparnya.

Terpisah anggota DPRD Maluku dapil Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Abdurasit Kottalima menambahkan, pihaknya mendukung penuh kegiatan Pesparawi ke X yang berlangsung di Kabupaten Bertajuk Saka Mese Nusa Itu.

Menurtunya, kegiatan kerohanian Pesparawi maupun MTQ merupakan upaya pemerintah untuk menyandarkan masyarakat betapa pentingya hidup dalam bingkai persaudaraan. Agar masyarakat lebih memliki rasa tanggungjawab yang sama, dalam menjaga keharmonisan hidup antara umat beragama.
“Saya berharap kegiatan ini, dapat berjalan dengan baik, sehingga bisa menjadi contoh kepada daerah lain. Terutama dalam menjaga hubungan persaudaraan,” pesanya.

Politisi Hanura itu menambahkan, adanya kegiatan tersebut dapat menunjukan kekhasan orang Maluku ke mata Nasional maupun internasional, yang mencintai kerukunan hidup dengan penuh keragaman, baik suku Budaya maupun Agama . Olehnya itu, setiap warga Maluku berkewajiban mensukseskan kegiatan ini. Terutama bagi masyarakat SBB sendiri.

“Sebagai anak Maluku, terlebih khusus SBB kita berkewajiban menjaga dan mensukseskan kegiatran Pesparawi ini agar dapat berjalan dengan baik. Karena ini sudah menjadi tanggunggjawab kita sebagai orang basudara antara umat beragama di negara ini,” ungkap Anggota Komisi A DPRD Maluku ini. (NEL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!