HET Beras tak Terkendali – Ambon Ekspres
Ekonomi

HET Beras tak Terkendali

AMEKS ONLINE, AMBON.–Sejak penetapan Harga Enceran Teritinggi (HET) beras di Maluku pada 1 September 2017 lalu, hingga saat ini harga eceran belum terkendali.

Di sejumlah pedagang kaki lima pada beberapa pasar tradsional masi ditemui pedagang yang belum menerapkan harga jual yang sesuai.

Semisal beras premium sesuai aturan, Rp 13.600 per kilo, sedangkan untuk medium Rp 10.250 per kilo. “Harga ini harus dipatuhi. Dudah ditetapkan dalam Permendag No 57/M-DAG/PER/8/2017, tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 31 Tahun 2017 yang merupakan bagian dari upaya stabilisasi harga pangan, khususnya beras,” tegas Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Maluku, Bustaman Ohorella, kepada wartawan, Jumat, (17/11), kemarin.

Diakui terkait hal tersebut pihaknya sudah melakukan uji coba mengenai kualitas beras. Uji kualitas tersebut agar dapat disesuaikan dengan harga jual berdasarkan kategori beras premium dan medium.
“Kami sudah lakukan pengujian 13 merek beras. Ini dimaksudkan agar bisa membedakan mana beras jenis premium dan medium. Oleh sebab itu, pedagang diminta mengikuti harga jual beras sesuai HET yang sudah ada,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menghimbau konsumen, agar selektif memilih jenis beras. Selain beras curah yang tersedia di pasar tradisional, banyak bermunculan berbagai merek beras dalam kemasan.

Biasanya, beras dalam kemasan dijual di pasar modern dengan beragam label dan desain menarik.
“Konsumen harus memilih beras industri beras yang sudah memiliki sertifikat SNI, kelas mutu beras (premium atau medium) mesti dicantumkan di label kemasannya. Kita masi sosialisasikan ini,” ucapnya. (IWU)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!