Siapkan DED Pelabuhan Tulehu-Waai – Ambon Ekspres
Ekonomi

Siapkan DED Pelabuhan Tulehu-Waai

AMEKS ONLINE, AMBON.–Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan PT Pelindo IV (Persero), Farid Padang mengatakan, tahun 2018 Detail Enginering Desaign (DED) Pelabuhan Kontainer Tulehu-Waai akan mulai disiapkan. “PT Pelindo IV menargetkan pembuatan DED Pelabuhan Kontainer Tulehu-Waai akan dimulai tahun 2018,” katanya kepada koran ini melalui telepone seluler, kemarin.

Menurutnya, jika masalah pendanaan pembangunan pelabuhan kontainer telah selesai, maka pihaknya akan membuat perjanjian antara Pelindo, pemerintah daerah serta investor.

“Pelabuhan Waai kalau pendanaannya sudah clear, akan ada perjanjian antara tiga pihak,” tambahnya.
Selain itu, Pelindo juga masih menunggu hasil kajian dari tiga negara yang ingin membangun pelabuhan tersebut. “Kita akan lihat dari tiga negara itu mana yang punya waktu tercepat, juga kajiannya akan kita lihat,” tegasnya.

Yang pasti, Farid menegaskan, tahun depan ditargetkan DED untuk pembangunan Pelabuhan Tulehu-Waai sudah harus dibuat. “Targetnya tahun depan itu kita sudah harus DED. Karena ketiga negara, yakni Uni Emirat Arab, Jepang dan Belanda masih dalam proses kajian tersebut,” sebutnya.

Pelabuhan kontainer Tulehu-Waai, sambung Farid, merupakan satu dari 11 Proyek Prioritas Nasional di Maluku. Namun, diakuinya, belum bisa dipastikan negara mana yang mendapatkan kesempatan tersebut. “Tentunya dengan memperhatikan segala aspek terlebih dahulu. Jadi mana yang punya waktu tercepat, kajiannya yang fleksibel, maka dia yang akan kami pilih. Jadi istilahnya kami akan lakukan semacam road show atau uji minat,” paparnya. (IWU)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!