Rekomendasi Demokrat Untungkan Andre – Ambon Ekspres
Politik

Rekomendasi Demokrat Untungkan Andre

AMEKS ONLINE, AMBON.—Langkah cepat Partai Demokrat mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan bakal calon Gubernur Maluku Said Assagaff – Anderias Rentanubun menguntungkan Andre, panggilan akrab Bupati Maluku Tenggara itu. Dengan terbitnya rekomendasi Partai Demokrat ke Said – Andre, maka otomatis pasangan ini sudah memenuhi syarat untuk maju sebagai kontestan di Pilgub Maluku 2018.

Sebelumnya Partai Golkar yang punya enam kursi di DPRD Maluku sudah mengeluarkan rekomendasi kepada keduanya. Jika ditambah dengan Partai Demokrat, maka 12 kursi sudah dikantongi dan melebihi syarat yang ditetapkan undang-undang yakni 9 kursi.

Sementara itu, di sisi lain, PDIP belum juga mengeluarkan rekomendasi. Bahkan beredar informasi bahwa rekomendasi PDIP akan menjadi milik Murad Ismail yang menjadi rival Assagaff. Hanya saja, masih terjadi tarik menarik siapa kader PDIP yang akan mendampingi Dankor Brimob Polri itu.
Assagaaf kepada wartawan di Masohi (23/11) mengatakan, komunikasi politiknya dengan Huwae maupun Rentanubun untuk berpasangan tetap berjalan dengan baik. Pada saatnya nanti dia akan memutuskan siapa yang akan mendampinginya.

Assagaff menyebutkan, Andre berproses di Partai Demokrat, sementara Edwin Huwae yang juga Ketua DPD PDIP Maluku juga masih mengharapkan agar PDIP bisa merekomendasikan Asaggaff dengan dirinya.

Ketua DPD Partai Demokrat Maluku, Elwen Roy Pattiasina saat menggelar jumpa pers dengan wartawan di Kantor DPD Demokrat Maluku, Minggu (26/11) mengatakan, dikeluarkannya rekomendasi Partai Demokrat ke Said – Andre adalah langkah DPP yang dilakukan dengan penuh pertimbangan yang matang. ‘’Memang ada kader terbaik kita, Bung Michael Wattimena yang juga berproses. Beliau ingin berpasangan dengan pak Said Assagaff juga.

Tetapi berdasarkan komunikasi yang kami lakukan, pak Said meminta maaf dan mengatakan bahwa beliau sudah terlanjur berproses dengan pak Andre sejak awal. Kan adat kita orang timur begitu. Siapa yang sudah berproses duluan, yang sudah mengeluarkan energi dan segala macam lebih dulu kan lebih diutamakan. Bung Michael sedikit terlambat dalam mengambil sikap untuk maju di Pilgub Maluku,” kata Pattiasina.

Namun demikian, lanjut Pattiasina, langkah BMW –sapaan akrab Wattimena-, yang adalah wakil rakyat dari Papua Barat itu patut diapresiasi. Hal ini akan dampak yang positif terutama jika BMW nantinya akan maju sebagai calon anggota DPR RI dari dapil Maluku. ”Jika BMW maju dari dapil Maluku maka semua kader partai akan berkerja untuk mendukungnya,” tambahnya.

Pattiasina membantah bahwa Assagaff sedikit cuek dengan Partai Demokrat sebagaimana yang diberitakan, karena tidak hadir saat penyerahan rekomendasi di DPP. ”Jadi, pada hari Jumat, sekitar pukul 11.00 WIB, Sekjen DPP Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan memanggil pak Andre untuk memastikan komitmen beliau masuk Partai Demokrat. Nah, saat itulah proses rekomendasinya berjalan dan penyerahannya dilakukan pukul 17.00 WIB. Kan waktunya sangat mepet sehingga pak Assagaff tidak bisa hadir. Saat itu beliau ada di Ambon. Tapi komunikasi kami dengan beliau via telepon sudah dilakukan,” beber Pattiasina.

Andre, lanjut dia, ternyata sudah mengantongi Kartu Anggota Partai Demokrat melalui DPC Demokrat Maluku Tenggara. ”KTA-nya dibuat di DPC Maluku Tenggara dan dihadapan Sekjen, pak Andre menyatakan siap menjadi salah satu pengurus yaitu ketua majelis tinggi di daerah,’’ terangnya.

Menyoal bagaimana jika rekomendasi PDIP akan diberikan kepada Assagaff dan pasangannya adalah Huwae atau kader PDIP Maluku yang lain, Pattiasina mengatakan, dirinya tidak mau mengurusi rumah tangga orang lain. Tapi yang jelas proses di Partai Demokrat sudah final dan sudah ada ada komunikasi terkait pasangan Said -Andre.

Dirinya juga menjamin struktur Partai Demokrat dan kadernya mulai dari tingkat provinsi sampai DPC dan PAC akan solid untuk memenangkan pasangan Said – Andre di Pilgub Maluku 2018.(KIE)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!