Kapal Angkut Material Tower Tenggelam 3 Tewas, 7 Dalam Pencairan – Ambon Ekspres
Berita Utama

Kapal Angkut Material Tower Tenggelam 3 Tewas, 7 Dalam Pencairan

-IST/AMEKS- SELAMAT : Sebanyak 16 orang ABK dan penumpang KM Lingkar yang diselamatkan Satgas Yonif Raider 515/Kostrad setelah kapal tersebut tenggelam di Perairan Batu Bendera, Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru.

AMEKS ONLINE, ARU.—Kecelakaan laut terjadi di Perairan Kabupaten Kepulauan Aru, Minggu (26/11). Kapal KM Lingkar yang mengangkut bahan material untuk pemabangunan tower jaringan Telkomsel di Kecamatan Aru Selatan dan Benjina tenggelam sekira pukul 05.00 WIT.

Kapal itu mengangkut 26 orang termasuk ABK dan pekerja tower. Kapal, karam dikawasan Perairan Batu Bendera, tepatnya di sungai Parakai, Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru.
Tiga orang telah ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, sementara 7 lainnya masih dalam pencarian. Sebanyak 16 orang berhasil diselamatkanTNI, Polri, SAR dan masyarakat setempat.

Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Adolof Bormasa kepada Ambon Ekspres mengatakan, kapal milik Haji Bangun itu diduga tenggelam akibat muatan yang berlebihan. Kapal dikemudikan Anhar Jefratin. “Kapal tenggelam di Batu Bendera, Kecamatan Aru Tengah. Saat ini sudah ditemukan 16 orang selamat, 3 meninggal dunia dan 7 orang masih dalam pencarian,” kata dia kepada koran ini, tadi malam.

Menurut dia, KM Lingkar hendak menuju Pulau Benjina, untuk membawa material pembuatan tower jaringan Telkomsel di sejumlah desa di dua kecamatan tersebut. “Muatan kapal ini, diduga sekitar 5 ton besi dan material untuk pembanguna tower Telkomsel di Desa Lorang, Manjau, Alagadang dan Irloi. Namun sebelum tiba kapal sudah tenggelam,” kata dia.

Saat tenggelam, para pekerja dan anak buah kapal yang menumpangi kapal naas itu berupaya menyelamatkan diri dengan peralatan seadanya. “16 orang yang selamat itu pertama kali ditemukan oleh salah satu kapal kayu yang ditumpangi prajurit Satgas Yonif Raider 515/Kostrad. Kapal kayu itu dari Mesiang, dengan tujuan ke Pelabuhan Dobo, mereka kemudian memberikan pertolongan terhadap semua korban yang berhasil menyelamatkan diri,’’ tuturnya.

Setelah diselamatkan, lanjut mantan Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Maluku ini, para korban selamat termasuk nahkoda dibawa ke Polsek Benjina guna melaporkan kejadian yang dialami. “Kemudian Polsek Benjina melakukan pencarian lanjutan. Sementara 16 orang yang telah diselamatkan itu, sudah dibawa dari Polsek Benjina ke Mapolres Aru untuk dimintai keterangan lebih lanjut atas peristiwa itu,” kata dia.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!